Kompas.com - 24/06/2015, 17:10 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Terletak di wilayah kepulauan, Indonesia memiliki banyak potensi wisata penyelaman yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Salah satu destinasi wisata yang mempunyai obyek wisata penyelaman adalah Taman Nasional Taka Bonerate di Sulawesi Selatan. Di taman nasional tersebut, wisatawan dapat menyelam di 26 titik penyelaman yang tersebar.

“Di Takabonerate titik penyelamannya tersebar. Di Pulau Tinabo ada Ibel Orange, Acropora Point, dan Corina Corner. Di Latondu ada beberapa spot yang karakternya seperti wall. Cuma penyelam yang punya sertifikasi jenis Advance yang bisa nyelam di sana,” kata Staf Taman Nasional Takabonerate, Asri saat ditemui KompasTravel di acara Pekan Lingkungan Indonesia, Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu (20/6/2015).

Untuk titik-titik penyelaman lain di Taka Bonerate, lanjut Asri, terdapat di sekitar resort-resort taman nasional seperti Resort Tarupa, Jinato, Rajuni Kecil, Passitalu Timur, Passitalu Tengah, dan Latondu. Dari presentasi yang ia tunjukan, titik-titik penyelaman bernama Spot Bulu Ayam, Pinky Fish, Haemulidae, Kaldera, Uka, Hantu Ceria, Tebing Gantarang, Tabulate, Kolam Gantarang, Lembaran Daun, Jinato Wall Paradise, Taka Malori, Fujiyama.

Asri/TN Taka Bonerate View salah satu spot diving di Taka Bajang Pogo, Taman Nasional Taka Bonerate

Ia mengatakan untuk titik-titik penyelaman di Resort Tinabo Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate, wisatawan dapat menyelam dengan semua jenis sertifikasi. Asri juga mengungkapkan bahwa keunggulan Taman Nasional Taka Bonerate adalah memiliki kawasan terumbu karang (atol) ketiga di dunia setelah Maladewa dan Kepulauan Marshall.

“Bagi wisatawan yang ingin menyelam di Taka Bonerate, kita juga menyediakan paket wisata. Beberapa sudah bekerja sama dengan agen wisata,” kata Asri.

Ia juga menambahkan fasilitas-fasilitas untuk para wisatawan juga telah disiapkan. Asri mengatakan fasilitas pendukung yang tersedia untuk wisatawan seperti dive center, penginapan, konsumsi, dan transportasi.

“Kita memudahkan wisatawan yang akan berkunjung dan menyelam di Taka Bonerate,” katanya.

Taman Nasional Taka Bonerate merupakan kawasan kepulauan karang yang berbentuk atol atau cincin. Pada awalnya, kawasan ini dikenal dengan nama Kepulauan Macan. Sebelum menuju titik-titik penyelaman, wisatawan terlebih dahulu harus menuju Pulau Selayar dan melanjutkan menggunakan perahu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.