Kompas.com - 17/07/2015, 06:50 WIB
EditorSandro Gatra


BANDA ACEH, KOMPAS.com
- Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana dijadwalkan menunaikan shalat Idul Fitri 1436 Hijriah di Masjid Baiturrahman Banda Aceh, Jumat (17/7/2015). Shalat Id di Baiturrahman yang dihadiri oleh Presiden merupakan kali pertama.

Sebelumnya, Presiden pada Kamis (16/7/2015) melepas pawai takbir di Banda Aceh. Presiden Jokowi yang didampingi Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Wali Nanggroe Malik Mahmud melafalkan takbir sebelum memukul beduk, tanda dimulai pelepasan pawai takbir akbar.

"Saya nyatakan dengan ini pawai takbir akbar dengan resmi saya lepas," kata Jokowi yang dilanjutkan dengan pemukulan beduk seperti dikutip Antara.

Jokowi yang duduk di panggung utama turut didampingi Ibu Negara Iriana, istri Gubernur Aceh Niazah A Hamid, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan serta unsur Forkopimda Aceh, Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal dan pejabat lainnya.

Presiden yang mengenakan jas hitam dipadu peci hitam bersama Ibu Negara sesekali melambaikan tangan kepada peserta takbir akbar.

Jokowi sebelumnya mengaku ingin agar semua masyarakat Indonesia merasakan kedekatan mereka dengan presidennya. Karena itu, Jokowi memutuskan untuk merayakan Idul Fitri 1436 H di Aceh.

"Indonesia itu terbentang dari Sabang sampai Merauke. Oleh sebab itu, saya tidak ingin merayakan Lebaran hanya di Jakarta. Saya awali tahun ini dari Aceh. Tahun depan, bisa saja saya merayakan Idul Fitri di Sumatera Barat, berikutnya di Nusa Tenggara Barat, lalu ke Maluku dan seterusnya," kata Jokowi dalam sambutannya seusai menunaikan shalat dzuhur di Masjid Babusalam, Aceh Tengah, Kamis.

"Ini saya lakukan agar kita masyarakat merasa sebagai bagian bangsa Indonesia, dan Jokowi adalah Presiden Indonesia," tambah Jokowi. (baca: Jokowi: Saya Tidak Ingin Merayakan Lebaran Hanya di Jakarta)

Kepala Negara dan rombongan dijadwalkan berada di Aceh hingga Jumat, dan kemudian bertolak menuju Jawa Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.