Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2015, 17:14 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

BATU, KOMPAS.com – Bersantai di alun-alun pada malam hari bisa jadi pilihan tepat bagi para pelancong di Kota Batu. Menemani waktu bersantai, aneka jenis kuliner siap memanjakan para pengunjung dengan cita rasa yang memikat. Salah satunya ketan susu.

Barisan kedai kecil berjejer menjajakan aneka varian ketan susu yang menggugah selera. Salah satu kedai yang ramai dipenuhi pengunjung adalah Pos Ketan Legenda.

Tak hanya sekadar nama, kedai ketan yang berada di Jalan Kartini ini memang menjadi legenda kedai ketan karena berdiri sejak tahun 1967 silam. Tidak aneh jika Pos Ketan Legenda selalu ramai dipenuhi pengunjung terlebih saat akhir pekan.

Agus, salah satu karyawan Pos Ketan Legenda mengaku lokasi Pos Ketan Legenda yang strategis membuat kedai ini ramai diserbu pengunjung. Terlebih lagi, ketan yang disajikan ternyata sudah menjadi favorit bagi para pelanggan setia Pos Ketan Legenda.

“Kalau kata orang (pengunjung) rasanya beda dari yang lain, makanya pada dateng-dateng lagi ke sini,” kata Agus.

Terdapat 14 jenis menu ketan yang ditawarkan kedai ini. Kompas Travel pun mencicipi salah satu menu favorit pengunjung, yakni KSKM atau ketan susu keju meises.

Perpaduan beras ketan yang dimasak pulan ditambah manisnya susu kental manis serta taburan cokelat butir dan parutan keju gurih begitu pas untuk disantap. Seporsi KSKM bisa dinikmati dengan harga Rp 8.000 per piringnya.

KOMPAS.com/Mentari Chairunisa Kedai Pos Ketan Legenda yang terletak di Jalan Kartini dekat Alun-alun Kota Batu
Coba juga varian ketan BBK, yakni ketan yang dicampur kelapa dan bubuk kedelai serta KNK atau ketan susu nangka yang jadi menu andalan Pos Ketan Legenda selain KSKM. Ada juga KSD atau ketan susu durian yang menjadi menu favorit pengunjung lainnya. Namun, untuk mencicipi seporsi KSD, pengunjung harus datang lebih cepat karena tak jarang menu ini sudah habis saat malam tiba.

“KSD itu banyak dipilih, tapi habis jadi harus cepat-cepat,” lanjut Agus.

Jangan lupa untuk memesan segelas susu murni atau es beras kencur untuk menemani seporsi ketan khas Kota Batu ini. Aneka varian menu ketan di Pos Ketan Legenda bisa dinikmati dengan harga Rp 4.000 – Rp 14.000 setiap harinya mulai pukul 16.30 hingga pukul 03.00 dini hari.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+