Kompas.com - 24/09/2015, 07:58 WIB
KOMPAS.COM/M ANAS"Tradisi Manten Sapi merupakan tradisi menghias hewan kurban menjelang hewan kurban yang digelar di warga Wates Tani Kabupaten Pasuruan Jawa Timur"
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Ada banyak perayaan unik di Indonesia, salah satunya saat Idul Adha. Selain menyembelih hewan qurban, beberapa daerah merayakan dengan rangkaian acara yang lekat dengan nilai tradisi.  Berikut tiga di antaranya:

Grebeg Gunungan

Tradisi unik ini digelar di Keraton Yogyakarta sesaat menjelang Idul Adha dan sudah berjalan turun-temurun. Dalam tradisi ini, tiga buah gunungan berisi berbagai makanan diarak, dikawal oleh prajurit dan dua ekor kuda.

Perjalanan dimulai dari halaman keratin melewati alun-alun utara menuju masjid. Setelah dibacakan doa, warga hadir boleh mengambil isi gunungan yang dipercaya dapat mendatangkan berkah.

Apitan

Sebelum hari Idul Adha datang, warga Kelurahan Sampangan, Semarang, Jawa Tengah juga memiliki tradisi yang tak kalah unik. Tradisi Apitan atau lebih dikenal dengan “Sedekah Bumi Apitan” merupakan wujud ungkapan syukur atas rezeki yang telah diberikan oleh Tuhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bentuk syukur disimbolkan dengan mengarak tumpeng dan hasil bumi di jalan raya. Warga yang ikut perayaan membawa padi, cabai, terung, jagung, tomat, bawang, dan hasil bumi lainnya.

THINKSTOCKPHOTOS Saat ini perkembangan pencarian hewan qurban memasuki dunia digital.

Arak-arakan berujung di kantor kelurahan setempat. Setelah itu, warga akan menggelar doa keselamatan bersama lalu dilanjutkan dengan berebut hasil bumi yang telah diarak.

Manten Sapi

Di Pasuruan, tradisi perayaan qurban ditandai dengan gelaran “Manten Sapi” atau pengantin sapi. Tradisi yang diadakan sehari sebelum hari Idul Adha ini merupakan cara warga setempat untuk menghomati hewan qurban yang akan disembelih.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.