Pantai Seger Jadi Tujuan Wisatawan Eropa Berselancar

Kompas.com - 23/11/2015, 07:41 WIB
KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Seorang wisatawan mancanegara berjalan di pasir usai berselancar di Pantai Seger, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (20/11/2015) sore. Pantai Seger merupakan tempat berselancar bagi wisatawan yang telah memiliki keahlian.

PRAYA, KOMPAS.com - Pantai Seger, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menjadi tujuan wisatawan mancanegara Eropa untuk berselancar. Berbeda dengan Pantai Selong Blanak, wisatawan mancanegara yang berselancar di Pantai Seger telah memiliki keahlian.

"Wisatawan mancanegara (yang berselancar) di Pantai Seger banyak dari Eropa seperti Belanda, Jerman, Swiss, Norwegia, Perancis, dan Finlandia," kata seorang instruktur selancar di Pantai Seger, Damar kepada KompasTravel saat ditemui di Pantai Seger, Jumat (20/11/2015) lalu.

Ia mengatakan para wisatawan mancanegara asal Eropa tersebut biasa tinggal di sekitar Pantai Seger sekitar 3-4 hari untuk bermain selancar. Mereka biasa datang untuk belajar berselancar, lanjut Damar, pada bulan Juli-Agustus.

"Kalau wisatawan mancanegara yang ke sini (Pantai Seger) sudah berpengalaman. Ombak dan arus di sini tinggi dan keras," tambahnya.

Laki-laki kelahiran Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah ini mengatakan jika wisatawan mancanegara datang untuk berselancar pada bulan Agustus, ombak sedang berada pada posisi tinggi yakni sekitar empat meter. Tinggi ombak tersebut menantang para peselancar mancanegara yang datang ke Pantai Kuta.

Salah satu peselancar asal Jerman, Lina, mengakui Pantai Seger merupakan tempat selancar yang menantang. Ia beralasan jika ombak di Pantai Kuta tergolong tinggi sehingga menantang untuk dicoba.

"Saya kadang selancar sendiri kadang sama teman. Biasanya pagi atau siang," ujar Lina saat ditemui KompasTravel usai berselancar.

Pertama kali datang dengan adiknya tiga tahun yang lalu yakni tahun 2012, ia mengatakan kerap berselancar di Pantai Seger. Musim hujan adalah waktu terbaik baginya untuk berselancar.

Pantai Seger merupakan bagian dari kawasan wisata Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Kawasan Pantai Seger masih berada di satu garis dengan Pantai Kuta Lombok.


EditorI Made Asdhiana

Close Ads X