5 Gunung untuk Sambut Matahari Pertama di Tahun Baru

Kompas.com - 17/12/2015, 18:03 WIB
Wisatawan menikmati matahari terbit dari kawah I Gunung Batur di Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali, Jumat (7/10/2011). Gunung ini memiliki tiga buah kawah yang masih aktif yang terletak di kaldera Batur raksasa. Banyak wisatawan ke tempat ini hanya berolahraga dan melihat pemandangan. Padahal kawasan gunung juga menjadi laboratorium geologi yang mahakaya. KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Wisatawan menikmati matahari terbit dari kawah I Gunung Batur di Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali, Jumat (7/10/2011). Gunung ini memiliki tiga buah kawah yang masih aktif yang terletak di kaldera Batur raksasa. Banyak wisatawan ke tempat ini hanya berolahraga dan melihat pemandangan. Padahal kawasan gunung juga menjadi laboratorium geologi yang mahakaya.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Indonesia memiliki lokasi-lokasi yang "sempurna" untuk melihat matahari terbit nan menawan. Jika Anda merindukan suasana pergantian tahun baru yang syahdu, pilihlah menikmati matahari terbit di atas puncak gunung.

Setelah lelah mendaki dan berkemah, di pagi hari saatnya menyambut hangatnya mentari. Berikut 5 gunung di Indonesia yang bisa menjadi pilihan melihat keelokan semburat cahaya matahari pertama di tahun baru.

Gunung Batur

Gunung ini terletak di Pulau Bali, lebih tepatnya di Kintamani, Kabupaten Bangli. Memiliki trek yang cocok bagi pendaki pemula maupun profesional, membuat gunung ini begitu populer untuk wisata gunung di Bali.

Selain itu, gunung ini sangat cocok untuk "memburu" matahari terbit. Apalagi gunung ini dikelilingi Danau Batur, makin menambah cantiknya panorama.

Gunung Prau, Dieng

Gunung Prau berlokasi di Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Magelang. Panorama matahari terbit di puncak gunung ini terkenal begitu cantik.

Di puncak Gunung Prau merupakan hamparan rumput hijau, tambahan lagi di latar bekalang akan tampak dua gunung kembar yaitu Gunung Sumbing dan Sindoro. 

JOKO DWI CAHYANA Danau Tiga Warna di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.
Gunung Kelimutu

Gunung yang terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kabupaten Ende ini memiliki kawah yang terkenal dan biasa disebut Danau Kelimutu. Di puncak, wisatawan akan mendapati tiga danau dengan tiga warna berbeda yang kerap berubah dari masa ke masa. 

Biasanya mendaki ke puncak dilakukan pada dini hari atau sekitar jam tiga pagi. Sehingga saat tiba di puncak tepat di kala matahari terbit. Sinar matahari terbit yang jatuh ke danau menghasilkan pantulan yang membuat danau begitu berkilau.

Gunung Papandayan

Gunung yang berlokasi di Garut, Jawa Barat, ini cocok untuk pendaki pemula yang ingin melihat matahari terbit di puncak gunung. Di perjalanan menuju puncak akan melewati kawan yang mengeluarkan bunyi mendesis dan bau belerang.

Tetapi saat di puncak, pendaki disambut hamparan bunga Edelweiss yang cantik. Gunung Papandayan memang terkenal sebagai tempat melihat matahari terbit dan menjadi favorit pendaki di kawasan sekitar seperti Jakarta dan Bandung.

Gunung Nglanggeran, Gunungkidul

Gunung Nglanggeran yang berlokasi di Desa Ngalanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta adalah gunung api purba berbentuk bongkahan batu raksasa.

Saat bermalam di puncak, gemerlap bintang akan menemani. Lalu saat matahari terbit, berganti sinar matahari hangat dengan panorama hijau khas pegunungan.
Sandoro

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X