Kompas.com - 01/04/2016, 00:00 WIB
Pulau Banda ShutterstockPulau Banda
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata menargetkan peningkatan devisa dari sektor wisata bahari di Indonesia naik empat kali lipat pada tahun 2019. Hal itu dinyatakan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam sambutan acara Indonesia Dive Bussiness Forum 2016 di Jakarta Convention Center, Kamis (31/3/2016).

"Kita sepakat dari total devisa 10 milyar dolar AS di tahun 2014 akan jadi 20 milyar dolar AS di tahun 2019. Kalau wisata bahari, dari 1 milyar dolar AS jadi 4 milyar dolar AS," kata Arief.

Ia menyatakan total penerimaan dari sektor wisata bahari Indonesia pada tahun 2014 yakni 10 milyar dolar Amerika Serikat masih tertinggal jauh dengan devisa sektor wisata bahari Malaysia yakni telah mencapai angka 8 milyar dolar AS.

"Toh kalau tercapai peningkatan devisa sebanyak 4 kali lipat, Malaysia saat ini (devisanya) sudah 8 milyar dolar Amerika Serikat," jelasnya.

Di acara Indonesia Dive Bussiness Forum 2016 terdapat rangkaian acara konferensi, diskusi panel, lokakarya yang akan membahas tema-tema seperti konservaai kelautan, bisnis pariwisata, permodalan, pemasaran dan branding, fotografi bawah laut, serta penulisan dan jurnalistik.

IDBF 2016 diharapkan bisa menjadi wadah untuk membahas isu dan masalah penting terkait dengan pengembangan usaha wisata selam di Indonesia yang berkelanjutan dan berdaya saing dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.