Sate Jamur di Banyuwangi, Pembeli Rela Antre

Kompas.com - 04/04/2016, 13:26 WIB
Sate jamur Nikmat di Banyuwangi, Jawa Timur. KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATISate jamur Nikmat di Banyuwangi, Jawa Timur.
|
EditorI Made Asdhiana

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Jika Anda melintas di Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, tidak ada salahnya mampir di warung milik Imam Syafii yang menyediakan sate jamur tiram bumbu kacang.

Walaupun harus mengantre lama, pembeli akan terpuaskan dengan rasa nikmat dari seporsi sate jamur lengkap dengan potongan lontong. Satu tusuk sate terdiri dari 6 potong jamur tiram yang digulung menyerupai daging.

Kepada KompasTravel, Minggu (3/4/2016), Imam Syafii menjelaskan dia sudah berjualan sate jamur selama empat tahun. Jamur tiram dikumpulkan langsung oleh saudaranya sehingga tidak pernah kehabisan bahan mentah.

"Mengapa milih jamur soalnya kan yang lain jualan sate kambing sama ayam," jelas Imam sambil tertawa.

Biasanya warung yang berada di tepi jalan raya Petung Licing, Kecamatan Rogojampi itu buka mulai jam 5 sore sampai jam 11 malam.

Dalam semalam, Syafii berhasil menghabiskan 800 sampai 1.000 tusuk dan dijual Rp 10.000 per porsi yang berisi 10 tusuk sate jamur dilengkapi dengan potongan lontong yang disiram dengan bumbu kacang.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Penjual sate jamur Nikmat di Banyuwangi, Jawa Timur.
"Sekali masak bisa 15 sampai 18 kilogram jamur tiram. Dikukus dulu lalu dibumbui baru dibakar kalau ada yang pesan. Jadi ya gitu, (pembeli) harus antre," kata warga Srono tersebut.

Dalam membuat sate jamur dia dibantu 8 pekerja sekitar rumahnya untuk menggulung jamur menjadi sate.

Sate jamur yang 'kres kres' gurih menyatu dengan bumbu kacang yang pedas bisa menjadi pilihan makan malam jika anda melintas di Kabupaten Banyuwangi. Tapi tetap harus rela antre.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X