Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tour de Ijen, Wisata Olahraga Banyuwangi Digelar Mei Mendatang

Kompas.com - 28/03/2016, 18:23 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tour de Banyuwangi Ijen kembali digelar pada tanggal 11-14 Mei 2016. Acara balap sepeda berskala internasional ini telah memasuki tahun kelima sejak pertama kali diselenggarakan.

"Event ini kita harap bisa memperkenalkan Banyuwangi. Juga sebagai alat konsolidasi infrastruktur," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam Jumpa Pers Tour de Banyuwangi Ijen 2016 di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (28/3/2016).

(BACA: Ijen Tak Pernah Sepi dari Kunjungan Turis)

Bupati Anas mengatakan, Tour de Banyuwangi Ijen yang diadakan ini merupakan gabungan antara olahraga dengan wisata. Ia menyebutkan, nantinya Tour de Banyuwangi Ijen akan melewati desa-desa di Banyuwangi.

"Dengan percaya diri Banyuwangi akan menggelar wisata olahraga ini," kata Anas.

Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya menambahkan, Tour de Banyuwangi Ijen ini merupakan bagian dari 53 festival yang diselenggarakan pada tahun 2016.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI Pebalap menyelesaikan etape pertama Tour de Ijen 2012 yang menempuh jarak 124,7 kilometer dari Kota Banyuwangi menuju Pulau Merah, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (7/12/2012) Pebalap Uzbekistan Denis Shaymanov memenangi etape ini.
"Tahun kemarin Tour de Banyuwangi Ijen menempuh jarak 555 km, sekarang 567 km juga bagus angkanya," ujar Arief Yahya.

(BACA: PT KAI Luncurkan Lori Wisata Lintas Jember-Banyuwangi)

Para peserta ITdBI 2016 nantinya akan ditantang untuk menyelesaikan seluruh lintasan yang terdiri empat etape sepanjang 567 kilometer.

Rute ini ditempuh dengan melintasi berbagai destinasi wisata, mulai wisata pantai, perkebunan, sentra pertanian, keliling kota hingga kaki Gunung Ijen yang dikenal dengan fenomena blue fire-nya.

Selain Tour de Banyuwangi Ijen, wisata olahraga yang diselenggarakan di Indonesia seperti Tour de Singkarak (TdS), Tour de Bintan (TdB), Tour de Flores (TdF), Musi Triboatton, Jakarta Marathon, hingga Pesona Tambora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com