Kompas.com - 07/04/2016, 18:05 WIB
Masjid Agung Pemalang, Jalan Mochtar, Kota Pemalang, Jawa Tengah, Rabu (6/7/2011). KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Masjid Agung Pemalang, Jalan Mochtar, Kota Pemalang, Jawa Tengah, Rabu (6/7/2011).
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com – Wisata spritual menjadi tujuan utama wisatawan nusantara (wisnus) saat datang ke Kabupaten Pemalang. Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Pemalang, Junaedi usai acara Dialog Bersama Wartawan di Jakarta, Kamis (7/4/2016) siang.

“Di sana (Pemalang) kan banyak makam orang pintar. Rata-rata mereka berziarah ke makam-makam tersebut. Wisata spritual itu yang terbanyak,” ujar Junaedi.

Makam-makam yang dikunjungi seperti Syekh Maulana Syamsuddin, Syekh Antasi, Sigeseng, dan makam-makam keramat lain. Lokasi makam-makam tersebut tersebar di beberapa lokasi seperti di Desa Pesantren, Desa Kendal Rejo, Kecamatan Watu Kumpul, dan lokasi-lokasi lain.

“Yang biasanya banyak datang berziarah itu dari Cirebon, Bandung, Tegal dan daerah-daerah di sekitar Pemalang,” tambahnya.

KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo Bupati Pemalang, Junaedi
Selain itu, Junaedi juga menjelaskan, Pemalang juga dikenal dengan situs-situs yang dianggap keramat. Salah satu petilasan yang juga sering dikunjungi oleh turis dari luar Pemalang adalah di Gunung Mendelem.

"Situs Gunung Mendelem juga itu menarik buat orang-orang yang punya kepercayaan tertentu," tutur laki-laki kelahiran Pemalang tersebut.

Kabupaten Pemalang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terletak di pantai utara Pulau Jawa. Dari Semarang, Kabupaten Pemalang berjarak kira-kira 135 kilometer ke arah barat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kabupaten Pemalang memiliki luas wilayah sebesar 1.115,30 kilometer persegi. Di sebelah utara, Pemalang berbatasan dengan Laut Jawa, di sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Purbalingga dan di sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Pekalongan dan di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Tegal.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.