Berlibur ke Pesisir Selatan, Catat Berbagai Festival Wisata Ini

Kompas.com - 21/04/2016, 21:11 WIB
Tarian Pasembahan sebagai pembuka Festival Langkisau 2016, kompilasi dari beberapa tarian salah satunya Bacanin Rupo, dari Pesisir Selatan. KOMPAS.com/Muhammad Irzal AdiakurniaTarian Pasembahan sebagai pembuka Festival Langkisau 2016, kompilasi dari beberapa tarian salah satunya Bacanin Rupo, dari Pesisir Selatan.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

PAINAN, KOMPAS.com - Tak hanya kaya akan destinasi, berbagai agenda menarik pun dikemas untuk mendatangkan wisatawan. Mulai dari festival budaya masyarakat hingga festival berkelas Internasional.

April - Festival Langkisau

Dimulai dari bulan April, ada Festival Langkisau yang bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Pesisir Selatan, yaitu tanggal 15 April. Dalam festival tersebut berlangsung rangkaian acara yang panjang.

Di antaranya bazar produk asli daerah, pawai kebudayaan, lomba selaju sampan, kompetisi voli pantai tingkat nasional, hingga pemilihan Uda dan Uni sebagai Duta Wisata Pesisir Selatan.

Wisatawan tentunya dapat menikmati pesta kebudayaan tradisional masyarakat Pesisir Minangkabau. Selain itu berbagai oleh-oleh khas disajikan dalam bazar produk lokal, wisatawan tidak perlu mencarinya lagi.

Mei - Mandeh Joy Sailing

Pada bulan Mei agenda tahunan yang biasa dilaksankan ialah Mandeh Joy Sailing, yang berarti "Ayo berlayar ke Mandeh". Dalam festival tersebut para wisatawan dapat berlayar dari dari Teluk Bayur, Kota Padang, menuju Dermaga Carocok Tarusan, Mandeh.

Setelah itu baru disuguhkan berbagai atraksi dalam Festival Mandeh seperti atraksi paramotor di langit Kawasan Mandeh, offroad, motor trail, atraksi diving, tarian budaya, dan touring jet ski, di kawasan Mandeh.

“Sebelum-sebelumnya sudah ada Mandeh Joy Sailing. Tahun ini sepertinya akan digabungkan dengan festival besar dari Kementerian Pariwisata,” ujar Gunawan, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu (17/4/2016).

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Suasana Festival Langkisau 2016 yang dilihat dari atas bukit langkisau pada sore hari. Ratusan tenda stan bazar berdiri menawarkan hasil kerajinan tradisional, panganan khas, hingga komoditi utama tiap daerah.
September - Fishing Tournament

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X