Liburan Panjang di Bandung? Ini Jalur Alternatif ke Lembang dari Tol Pasteur

Kompas.com - 04/05/2016, 17:11 WIB
Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu, Bandung, Jawa Barat, Kamis (26/1/2012). Gunung yang tumbuh dalam Kaldera Sunda 90.000 tahun lalu memiliki tiga kawah, yakni Panguyangan Badak yang berumur 90.000-40.000 tahun lalu, Kawah Upas yang berumur 40.000-10.000 tahun lalu, dan Kawah Ratu, 10.000 tahun lalu sampai sekarang.  KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu, Bandung, Jawa Barat, Kamis (26/1/2012). Gunung yang tumbuh dalam Kaldera Sunda 90.000 tahun lalu memiliki tiga kawah, yakni Panguyangan Badak yang berumur 90.000-40.000 tahun lalu, Kawah Upas yang berumur 40.000-10.000 tahun lalu, dan Kawah Ratu, 10.000 tahun lalu sampai sekarang.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembang, sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat terkenal sebagai destinasi wisata wajib dikunjungi saat liburan ke Bandung. Beragam opsi obyek wisata seperti Gunung Tangkuban Perahu, Taman Hutan Jaya Giri Lembang, Air Terjun Maribaya, dan aneka tempat wisata lain.

Untuk menuju daerah Lembang, wisatawan biasa melewati Jalan Setiabudi melewati Terminal Ledeng kemudian menuju Lembang. Namun, jalur tersebut terkenal sering mengalami kemacetan saat libur "Long Weekend".

Catatan Kompas.com, pada Kamis (24/12/2015) saat Libur Natal Tahun 2015 sebanyak 57.602 kendaraan melintas dari Bandung menuju Lembang. Sementara, kemacetan antrean di gerbang Tol Pasteur, Bandung mencapai 2,5 kilometer pada Jumat (25/12/2015) pagi.

Untuk menghindari kemacetan tersebut, wisatawan bisa melewati beberapa jalur alternatif menuju Lembang. Jalur alternatif tersebut seperti rute Jalan Dago Pojok, Jalan Punclut, Jalan Panorama Lembang dan juga menggunakan Jalan Kolonel Masturi.

KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Antrian kendaraan terjadi kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jum'at (25/12/2015). Momentum libur panjang dimanfaatkan wisatawan untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata di Bandung Utara.
Untuk jalur Punclut, jika berangkat dari Tol Pasteur, wisatawan bisa mengambil arah Dago Pakar menuju Perumahan Citra Green Garden lalu Punclut dan keluar di Pasar Lembang. Jalur Panorama Lembang dari gerbang Tol Pasteur, arahkan kendaraan menuju Jalan Setiabudi (Universitas Pendidikan Indonesia) lalu Jalan Panorama Lembang hingga tiba di Lembang.

Sementara untuk Jalur Kolonel Masturi dari gerbang Tol Pasteur, wisatawan bisa arahkan kendaraan menuju Jalan Kolonel Masturi dan tembus di area Villa Istana Bunga Lembang. Keempat jalur alternatif tersebut memiliki kontur medan yang berbukit-bukit.

Biasanya, wisatawan akan melewati rute ke Lembang yang terpantau kerap timbul kemacetan yakni Jalan Setiabudi ke Terminal Ledeng hingga Lembang.

Sebelum berlibur menuju Lembang di tengah kemacetan, pastikan kendaraan yang Anda bawa dalam kondisi prima. Selain itu, pastikan juga kondisi tubuh juga dalam keadaan sehat.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X