Kompas.com - 09/06/2016, 18:01 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar Bendungan Hilir (Benhil) adalah salah satu destinasi favorit warga Jakarta untuk "berburu" takjil. Dari kolak pisang sampai bubur kampiun laris terjual.

Pasar Benhil yang terletak di Jalan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, tampak ramai di hari keempat Ramadan tahun ini. Sejak pukul 14.00 WIB, pedagang mulai membuka lapak dan pengunjung pun mulai berdatangan.

"Dari hari pertama sudah ramai, begini terus tiap tahun. Biasanya mereka datang, beli, dibawa pulang," tutur Syaiful (54), salah satu pedagang masakan Padang di Pasar Benhil saat ditemui KompasTravel, Kamis (9/6/2016).

Ayam dan bebek cabe hijau jadi hidangan favorit pengunjung dari tahun ke tahun. Masakan khas Ranah Minang adalah salah satu suguhan di Pasar Benhil yang paling banyak diminati pengunjung.

Selain itu, mayoritas pengunjung tentu mengincar takjil yang begitu beragam. Mulai dari aneka kolak (pisang, ubi, biji salak), es buah, es blewah, aneka kue dan risol, sampai yang terkenal yakni bubur kampiun khas Sumbar.

Kompas.com/Sri Anindiati Nursastri Aneka kolak, es buah, dan es blewah dijual mulai harga Rp 10.000-15.000 per porsi.
Bubur kampiun dijual dengan harga sekitar Rp 15.000 per porsi, dituang dalam gelas plastik. Harga es buah, es blewah, kolak, dan es pisang ijo berkisar Rp 10.000-15.000 per porsi. Selain itu ada juga beberapa takjil unik seperti cendol durian (Rp 13.000) dan kolak aceh (Rp 15.000).

"Dari hari pertama ramainya seperti ini. Jam 4-5 paling ramai," tutur Rika, penjual kolak aceh yang buka di Pasar Benhil sepanjang Ramadan.

Salah satu pembeli, Astuti (35) mengatakan, seminggu dua kali dia menyambangi Pasar Benhil untuk mencari takjil.

"Dari tiga tahun lalu, rutin ke sini. Seminggu dua kali, kadang tiga kali. Bisa maghrib dan tarawih di Masjid Al Falah juga," tuturnya.

Anda yang ingin "berburu" takjil di Pasar Benhil ada baiknya memarkir kendaraan agak jauh setelah pasar jika masuk dari Jalan Sudirman. Pasar ini buka hingga sekitar pukul 20.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.