Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Obyek Wisata di Pulau Jawa Bakal Dipenuhi Wisatawan

Kompas.com - 06/07/2016, 08:06 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Obyek wisata di Pulau Jawa diprediksi akan ramai dikunjungi oleh wisatawan. Persebaran wisatawan pada liburan Lebaran akan terkonsentrasi di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. 

"Paling crowd itu masih Jawa. Kalau di di Solo, Magelang, dan Yogyakarta," kata Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Reko Esti Astuti kepada KompasTravel usai acara buka bersama di Jakarta, Kamis (30/6/2016).

Ia menuturkan, dari data yang dimiliki Kementerian Pariwisata, wisatawan nusantara sebagian besar berasal dari DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur. 

"Karena orang Indonesia itu banyak tinggal di Pulau Jawa, kalau di Sumatera itu banyak transmigran. Yang  ramai jelas pasti di Jawa," ujar Esty. 

Ia menyebutkan dari data perkiraan Kementerian Perhubungan, sekitar 18 juta orang melakukan mudik melalui jalur darat, udara, dan laut. Sementara itu Kementerian Pariwisata memperkirakan rata-rata per bulan ada 20 juta perjalanan yang dilakukan wisatawan nusantara.

Sebelumnya, Esty menyarankan bagi para pemudik untuk mencoba berwisata di kampung halaman. Wisatawan bisa mencoba mengunjungi obyek-obyek wisata kuliner, alam, dan budaya. Ia mengatakan, pada bulan Ramadhan dan libur Lebaran, biasanya terdapat acara-acara yang bisa dinikmati hanya pada saat-saat tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com