Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Wisata Dekat Pasar Kreatif Jawa Barat di Bandung, Wisata Edukasi dan Sejarah

Kompas.com - 25/05/2024, 09:09 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasar Kreatif Jawa Barat yang ada di Kota Bandung, telah menjadi pusat bagi anak-anak muda zaman sekarang.

Namun, selain Pasar Kreatif Jawa Barat yang menjadi wisata yang sedang digandrungi anak muda maupun semua kalangan, kamu juga bisa mengunjungi tempat-tempat di sekitarnya.

Berikut adalah rekomendasi wisata di dekat Pasar Kreatif Jawa Barat yang harus kamu datangi di waktu senggang

1. Museum Geologi

Museum Geologi Bandung adalah salah satu tempat wisata edukasi yang populer di Bandung, Jawa Barat.

Terletak di Jalan Diponegoro Nomor 57, Cihaur Geulis, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, museum ini menawarkan koleksi materi geologi yang sangat beragam, mulai dari fosil, batuan, hingga mineral.

Seluruh koleksi dan materi geologi yang ada di museum ini merupakan hasil dari pengumpulan selama lebih dari 150 tahun di berbagai lokasi kerja lapangan di Indonesia.

Dengan total koleksi mencapai 250.000 batuan dan mineral, serta 60.000 koleksi fosil dan lainnya, Museum Geologi Bandung menjadi tempat menarik untuk dikunjungi. 

Baca juga: 3 Aktivitas di Pasar Kreatif Jawa Barat di Bandung, Ikut Workshop

Museum ini buka setiap hari Minggu, Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu mulai pukul 10.00 hingga 13.00 WIB. Harga tiket masuk pun cukup terjangkau, yaitu Rp 2.000 untuk pelajar, Rp 3.000 untuk umum, dan Rp 10.000 untuk turis asing. 

Kamu bisa kunjungi Museum Geologi dari Pasar Kreatif Jawa Barat dengan mengendarai motor sejauh 2,4 kilometer atau 6 menit.

2. Gedung Sate

Gedung Sate, yang merupakan kompleks perkantoran Gubernur Jawa Barat, tetap menjadi daya tarik bagi wisatawan, terutama dari luar Kota Bandung. 

Lokasinya yang berdekatan dengan Museum Geologi, membuat Gedung Sate bisa menjadi salah satu bangunan bersejarah yang bisa kamu kunjungi jika sudah dari Pasar Kreatif Jawa Barat

Perbedaan kabupaten dan kota.Dok. Shutterstock/Dudin_S Perbedaan kabupaten dan kota.

Bangunan bersejarah ini, yang terkenal dengan penangkal petir berbentuk tusuk sate, dapat menjadi pilihan liburan akhir pekan yang menarik.

Meskipun fungsi utamanya sebagai perkantoran, Gedung Sate dapat diakses oleh masyarakat umum melalui Museum Gedung Sate yang berada di area samping kanan gedung.

Baca juga: Dianggap Tak Sesuai Harapan, Car Free Day Gedung Sate Dievaluasi

Museum Gedung Sate buka mulai Selasa hingga Minggu pukul 09.30 WIB hingga 16.00 WIB, dan tutup pada hari Senin dan hari libur nasional. Harga tiket masuk untuk hari biasa dan akhir pekan adalah Rp 5.000 per orang. 

3. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat merupakan sebuah bangunan yang didedikasikan untuk memperingati sejarah dan peristiwa penting yang terjadi di Jawa Barat. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com