Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Vila di Ubud Bali Gaet Turis Korea Selatan, Manfaatkan Naver

Kompas.com - 15/06/2024, 18:45 WIB
Krisda Tiofani,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BALI, KOMPAS.com - Mayoritas tamu The Kayon Valley Resort di Ubud, Bali, merupakan wisatawan mancanegara (wisman) dari Korea Selatan, diikuti oleh wisman asal Inggris, India, dan China.

CEO The Kayon Hotels and Resorts, I Wayan Sucitra mengatakan, rata-rata tamu asal Korea Selatan bahkan sudah memesan sejak enam bulan sebelum menginap.

Baca juga: Kenapa Banyak Kamar Mandi Vila di Bali Pakai Konsep Semi-terbuka?

"Tamu dari Korea Selatan tidak lagi menggunakan offline booking (pemesanan luring), lebih banyak yang pesan online (daring). Sebanyak 40 persen di antaranya sudah pesan sejak enam bulan sebelumnya, sisanya pesan empat bulan sebelum menginap," kata Wayan saat ditemui wartawan di The Kayon Valley Resort, Rabu (12/6/2024).

Wayan mengatakan, tingginya minat wisman Korea Selatan yang ingin menginap di vilanya tak lepas dari promosi yang dilakukan oleh penginapan mewah ini.

"Untuk menjaga market dari Korea Selatan, saya sudah dua kali ke sana dan mengusulkan beberapa hal. Kami juga memiliki partner travel agent di sana, walaupun pemesanannya lebih tinggi via online," ungkap Wayan.

Baca juga:

Promosi tak langsung

Main pool di The Kayon Valley Resort, Ubud, Bali.Kompas.com/Krisda Tiofani Main pool di The Kayon Valley Resort, Ubud, Bali.

Hal paling menyenangkan dari tamu-tamu Korea Selatan, tutur Wayan, adalah kebiasaan mereka membagikan momen menginap di vila.

Begitu datang dan menginap, wisman Korea Selatan akan berfoto di banyak spot vila, terutama The Kayon Jungle Resort, lalu membagikannya ke ruang diskusi online di Naver, mesin pencarian utama di Korea Selatan.

"Ternyata, di Naver itu ada diskusi tentang hotel kami dan dari sana, pemesanannya langsung tinggi," kata Wayan.

Baca juga: Jeju Air dan Lion Air Group Kerja Sama, Batam Jadi Hub Penerbangan ke Korea

Tingginya antusiasme wisman asal Negeri Ginseng ini menambah semangat promosi The Kayon Jungle Resort melalui media sosial.

Wayan mengatakan, The Kayon Hotels and Resorts memiliki media sosial khusus berbahasa Korea untuk mempromosikan penginapan lebih lanjut.

"Kami juga dapat undangan honeymoon expo (ekspo bulan madu) pada akhir pekan yang isinya pasangan akan berkonsultasi dengan travel agent dan saat itu lah, kami berada di sana, promosi di sana," jelas Wayan.

Belum lagi, ada sejumlah influencer asli Korea Selatan yang juga menginap dan membuat konten di vila ini, kian menambah minat wisman untuk menginap

Rata-rata wisman Korea Selatan menginap selama satu hingga dua hari di The Kayon Hotels and Resorts.

"Bidikan kami adalah honeymoon-ers, tetapi tidak harus mengambil paket ini. Bisa juga memilih satuan," kata Wayan.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com