Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat-tempat Bersejarah Saat Haji, Berhubungan dengan Kisah Para Nabi

Kompas.com - 16/06/2024, 12:01 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tempat-tempat bersejarah yang dilewati saat ibadah haji merupakan bagian penting dari perjalanan spiritual umat Muslim. Setiap tahun, jutaan jamaah haji mengunjungi tempat-tempat suci di Mekah dan Madinah

Perjalanan ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah, tetapi juga mengingatkan jamaah akan sejarah dan peristiwa-peristiwa penting dalam agama Islam.

Dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah ini, jamaah haji dapat merasakan kedekatan spiritual dengan sejarah agama Islam dan mendapatkan inspirasi untuk meningkatkan keimanan mereka.

Baca juga: 1,5 Juta Jemaah Haji Serbu Padang Arafah untuk Wukuf di Tengah Cuaca Ekstrem

Berikut merupakan tempat bersejarah yang akan dilewati pas Ibadah Haji:

1. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi adalah saksi bisu dari perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW. Terletak di tengah-tengah perkampungan (jauf al-Madinah), masjid ini memainkan peran penting dalam menggalang persatuan umat Islam. 

Masjid Nabawi di Arab Saudi yang memiliki kubah berwarna hijauShutterstock Masjid Nabawi di Arab Saudi yang memiliki kubah berwarna hijau

Selain sebagai tempat shalat, tahajud, atau i'tikaf, Masjid Nabawi juga menjadi pusat segala aktivitas keislaman masa itu. 

Melalui masjid inilah, peradaban Islam mulai tersusun dan terbentuk saat Nabi Muhammad hijrah ke Madinah karena ajarannya ditolak keras di Mekkah.

Di Madinah, ajarannya lebih mudah diterima karena dinamika sosial masyarakatnya tidak sekuat di Makkah dan sistem kekuasaan tidak terikat pada kaum bangsawan.

Baca juga: Kamal Ismail, Arsitek yang Tolak Dibayar Usai Perluas Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Setelah tiba di Madinah, Nabi Muhammad mendirikan Masjid Nabawi di atas tanah milik dua orang anak yatim. 

Masjid ini menjadi pusat pemerintahan Islam kala itu dan telah mengalami beberapa kali renovasi dan perluasan bangunan. Salah satunya dilakukan pada tahun 7 Hijriyah atau 629 M.

2. Jabal Uhud

 

Jabal Uhud, terletak di utara Masjid Nabawi sekitar enam km, kini menjadi salah satu tempat populer di Madinah sebagai tujuan ziarah para jemaah haji. 

Gunung dengan tinggi 1.050 meter dan panjang 7 km ini memiliki batuan granit, marmer merah, dan batu-batu mulia.

Gunung Uhud, lokasi pertempuran antara kaum Muslim dan kaum QuraisyWikipedia Gunung Uhud, lokasi pertempuran antara kaum Muslim dan kaum Quraisy

Tempat ini memiliki nilai sejarah penting karena pernah menjadi tempat Nabi Musa dan Nabi Harun melihat daerah yang akan menjadi tempat tinggal Nabi Muhammad.

Ziarah ke Jabal Uhud bertujuan untuk mengenang peristiwa perang Uhud, ketika Nabi Muhammad dan para sahabat berjuang mempertahankan Islam. 

Baca juga: Sejarah Perang Uhud: Penyebab, Kronologi, dan Pemenangnya

Di lokasi Jabal Uhud, terdapat dua makam pahlawan Uhud, yaitu Sayyidina Hamzah dan Abdullah bin Jahsy, serta 68 pahlawan lainnya yang dimakamkan tanpa tanda-tanda khusus. Nabi Harun juga dimakamkan di tebing Nabi Harun di Jabal Uhud.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com