Kompas.com - 01/09/2016, 17:03 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Gunung Fuji di Jepang ternyata meninggalkan kenangan tersendiri bagi mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. Dengan keadaan yang dingin dan bersalju, ia pernah berhasil mencapai puncak pada tahun 1993 silam.

Gunung Fuji sendiri biasa disebut Fujiyama, adalah gunung berapi yang masih aktif berketinggian 3.776 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Fuji juga telah diakui sebagai warisan budaya oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa  (UNESCO).

Anies menceritakan, pengalamannya mendaki dilakukan ketika masih berstatus mahasiswa Sophia University, Jepang. Ia mendapatkan kesempatan kuliah Sophia University ketika menerima beasiswa JAL Scholarship.

"Waktu itu saya kuliah baru tahun ketiga, saya naik ke sana (Gunung Fuji). Pada waktu itu agak sulit, mungkin sekarang aksesnya mudah. Pada saat itu, harus naik dengan peralatan-peralatan iklim tropis," ujar Anies kepada KompasTravel setelah acara Pelantikan Anggota Baru Wanadri di Situ Lembang, Jawa Barat, Minggu lalu.

Ia menyebutkan, berangkat bersama 26 orang temannya saat mendaki Gunung Fuji. Ia mengatakan, tak membayangkan suhu di Gunung Fuji yang dingin.

"Saya berangkat ber-26, yang sampai hanya empat orang termasuk saya. Saya sampai jam 4.30 WIB," kata Anies.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2014-2016, Anies Baswedan di acara Pelantikan Anggota Baru Wanadri di Situ Lembang, Jawa Barat, Minggu (28/8/2016).

Saat berada di puncak gunung, semua seperti seperti tersihir. Dalam suasana dingin yang menusuk tulang, Anies menyebut, ia bersama tiga orang di puncak Gunung Fuji tak berbicara sepatah kata pun.

"Di sana semuanya diam, sama sekali gak ada yang bicara. Semuanya jongkok. Semua seperti gak ada semangat untuk berbicara," kenang Anies.

Begitu matahari terbit, lanjut Anies, semua berubah total. Dari atas Gunung Fuji dikenang Anies memiliki pemandangan yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata.

"Itu pengalaman luar biasa karena yang naik ikut mahasiswa Asia Pasifik yang berkumpul ada 26 orang dan kita sama-sama naik Gunung Fuji," ungkap Anies mengakhiri cerita pendakian Gunung Fuji.

Dalam acara pelantikan anggota baru Wanadri, Anies juga turut serta dilantik menjadi anggota Wanadri. Ia dikukuhkan menjadi anggota oleh Wanadri  dengan nomor anggota W-018-Penasehat.

Pendidikan Dasar Wanadri dimulai sejak 30 Juli hingga 29 Agustus 2016. PDW yang digelar dua tahun sekali merupakan kegiatan pendidikan sekaligus seleksi untuk menjadi anggota muda Wanadri.

Wanadri merupakan organisasi penempuh rimba dan pendaki gunung yang didirikan di Bandung pada 1964 oleh para Pandu. Wanadri juga masih aktif melakukan kegiatan ekspedisi di Indonesia maupun mancanegara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.