Kompas.com - 07/09/2016, 06:09 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Festival Kembang Kopi akan digelar di Lingkungan Lerek Desa Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (7/9/2016).

Pada festival tersebut masyarakat akan mengikuti tradisi panen kopi rakyat seperti memetik kopi, mengolah kopi hingga menyajikannya.

"Pengunjung yang datang bisa memetik kopi, mengupas biji, menyangrai kopi sampai minum kopi langsung di kebunnya. Festival ini diadakan oleh masyarakat Desa Gombengsari yang mayoritas adalah petani kopi," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Yanuar Bramuda kepada KompasTravel, Selasa (6/8/2016).

Sementara itu, Muhammad Farid Isnaini, Lurah Gombengsari, Kecamatan Kalipuro kepada KompasTravel menjelaskan jika luas total lahan kopi rakyat di Kelurahan Gombengsari mencapai 1.700 hektar, dengan lahan murni yang ditanami kopi 850 hektar dan sisanya dengan sistem tumpangsari.

"Hampir di setiap depan rumah warga Gombengsari ada tanaman kopi robusta. Selain itu Gombengsari adalah lingkungan dengan perkebunan kopi terluas di Banyuwangi," katanya.

Menurut Farid, tradisi petik kopi ini sendiri, berangkat dari tradisi warga Kelurahan Gombengsari yang telah dilakukan secara turun temurun saat musim panen kopi. Selain itu mereka juga berternak kambing peranakan Etawa yang menghasilkan susu kambing segar.

"Kami ingin mengenalkan tradisi tersebut kepada masyarakat karena sudah banyak wisatawan baik dari mancanegara ataupun dalam negeri yang sudah datang mengunjungi daerah kami. Satu hari penuh mereka akan diajak untuk mengenal kopi lebih dekat," kata Farid.

Sementara itu Hariyono (38), salah warga Gombengari menjelaskan kopi dan susu kambing perenakan Etawa tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat Gombengsari.

Laki-laki tersebut mengaku dalam satu bulan bisa mengirim ratusan liter susu kambing Etawa ke beberapa wilayah di Jawa Timur.

"Kopi dan susu kambing Etawa jika bertemu di gelas menjadi sajian yang istimewa dan besok (hari ini) kami sudah siapkan di festival petik kopi," tambah Hariyono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.