Kompas.com - 09/10/2016, 21:03 WIB
Salah satu kastil di Edinburgh, Skotlandia. VISITSCOTLANDSalah satu kastil di Edinburgh, Skotlandia.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkunjung ke Kerajaan Britania Raya (United Kingdom), mayoritas turis Indonesia memilih Inggris sebagai destinasi mereka. Britania Raya sendiri sebenarnya terdiri dari empat negara yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Inggris ini memang populer di kalangan wisatawan. Namun, bukan berarti tiga negara lainnya tidak eksotis dan biasa saja.

"United Kingdom juga mencakup Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Tiga negara ini bisa jadi tujuan yang cocok untuk wisatawan Indonesia," tutur Head of Prosperity/Economic Section British Embassy Jakarta, Joe Beeley kepada KompasTravel di Garuda Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2016 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (7/10/2016).

Inggris merupakan negara terbesar di UK, dengan London sebagai kota terbesar di Eropa. Namun Skotlandia punya hampir 800 pulau, kastil-kastil yang berdiri megah, serta pesisir pantai yang indah.

"Wales hanya terletak dua jam dari London. Ada ratusan kastil juga di sana, serta pedesaan. Irlandia Utara punya gunung sampai lembah," tambah Joe.

Untuk menentukan destinasi di UK, Joe menuturkan, alangkah baiknya bila Anda sudah tahu jenis wisata apa yang diminati. Misal, jika Anda suka wisata sejarah, destinasi paling pas untuk dikunjungi adalah York dan Bath, serta Edinburgh di Skotlandia.

"Selain itu, Oxford dan Cambridge juga menjadi dua kota populer karena banyaknya gedung bersejarah. Apalagi gedung-gedung tersebut masih digunakan sebagai universitas," tambah Joe.

Selain London, kota-kota lainnya di Inggris juga patut disambangi. Para penggila bola pasti bak "naik haji" jika mengunjungi Manchester dan Liverpool.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Transportasi di UK juga gampang. Semua terintegrasi oleh train, sehingga sangat memungkinkan untuk berpindah dari satu negara ke negara lain," papar Joe.

Salah satu kegiatan antimainstream untuk dilakukan di UK adalah menginap di kastil. Ya, Anda bisa merasakan tidur di kamar mewah dalam kastil berusia ratusan tahun.

Beberapa kastil yang bisa diinapi wisatawan antara lain Westminster Abbey, Buckingham Palace, Beaumaris Castle, dan The Royal Yacht Britannia. Kastil yang disebut pertama merupakan lokasi pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada 2011.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X