Kompas.com - 23/10/2016, 09:06 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Bagi turis Muslim, sebuah tantangan tersendiri mencari restoran halal di negara yang mayoritas penduduknya non-Muslim. Seperti halnya saat berwisata di Korea Selatan.

Ada sekitar 15 restoran di Korea Selatan yang telah memiliki sertifikasi halal dari Korea Muslim Federation (KMF). KMF ini semacam Majelis Ulama Indonesia (MUI) jika di Indonesia.

Jumlah restoran yang tersertifikasi halal dari KMF memang terbilang tak banyak. Sebagian besar restoran tersebut adalah restoran yang menjual makanan khas Timur Tengah, bukan makanan khas Korea.

Untungnya, Korea Tourism Organization mengeluarkan buku panduan "Muslim Friendly Restaurants in Korea" yang bisa diunduh di situs resminya. Dalam buku tersebut terdaftar beragam restoran yang ramah untuk wisatawan Muslim dan terbagi dalam beberapa daerah.

Ada lima jenis kategori restoran ramah Muslim yang perlu diketahui. Hal ini penting sebagai panduan dalam memilih restoran saat di Korea Selatan. Berikut di antaranya:

Halal Certified
Restoran "Halal Certified"  adalah restoran yang memiliki sertifikasi halal dari Korea Muslim Federation.

Self Certified
Restoran semacam ini belum memiliki sertifikasi halal dari Korea Muslim Federation. Namun pemilik restoran yang merupakan seorang Muslim menyatakan restorannya halal. Jadi semua makanan yang dijual halal dan dimiliki oleh seorang Muslim.

Muslim Friendly
Restoran ini menjual makanan halal. Namun restoran ini masih menjual minuman beralkohol.

Muslim Welcome
Restoran Korea khusus untuk vegetarian atau restoran dengan makanan yang tidak mengandung babi.

Pork-free
Restoran yang tidak menawarkan menu halal tetapi tidak memakai babi dalam menu mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.