Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Women Half Marathon 2024 di TMII Pekan Ini, Pesertanya dari 14 Negara

Kompas.com - 23/04/2024, 18:04 WIB
Krisda Tiofani,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang Women Half Marathon 2024 akan diadakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada Minggu (28/4/2024).

Ada tiga kategori lari dalam kompetisi tersebut yakni 5K, 10K, dan Half Marathon 21K, dengan perkiraan durasi lari selama 1-3,5 jam.

Baca juga: 7 Wisata Alam Sekitar Jakarta untuk Lari Sejenak dari Rutinitas

"Kami melihat dua tahun belakangan ini peserta lomba lari perempuan semakin bertambah dan mereka enggak cuma olahraga, tetapi sebagai ajang traveling," kata Project Director PT Media Dunia Olahra (Medora), Deniawan dalam Weekly Press Briefing, Senin (22/4/2024).

Hal itu membuat Deni tergerak untuk membuat lomba lari khusus perempuan. Apalagi, menurut data yang disampaikannya, angka pelari perempuan lebih tinggi daripada laki-laki.

"Kami melihat perempuan berbeda dengan laki-laki. Saat lari, tujuannya beragam, mau sambil liburan, shopping, dan berlibur bareng keluarga," tuturnya.

Adapun Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, ajang ini adalah lomba khusus perempuan bertaraf internasional pertama di Indonesia.

Baca juga:

Deniawan, Project Director PT Media Dunia Olahra (Medora) dalam Weekly Brief with Sandiuno daring, Senin (22/4/2024).Tangkapan layar Kompas.com/Krisda Tiofani Deniawan, Project Director PT Media Dunia Olahra (Medora) dalam Weekly Brief with Sandiuno daring, Senin (22/4/2024).

Women Half Marathon 2024 sudah membuka pendaftarannya sejak enam minggu lalu dan mencatat 5.000 peserta dari 14 negara, di antaranya Australia, China, Inggris, Amerika Serikat, dan Perancis.

Lomba lari perempuan yang digelar pertama kali tahun ini juga sudah resmi tercatat dalam Organisasi Atletik Internasional atau World Athletics.

Direktur Event Nasional dan Internasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Fransiskus Handoko menuturkan, Kemenparekraf mendukung penuh acara ini melalui kemudahan perizinan dan promosi acara.

"Sekali lagi, kami berharap semoga acara ini dapat menambah jumlah wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) di Indonesia," pungkas Fransiskus.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com