Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Pendaki Perempuan Akan Kibarkan Merah Putih di 17 Puncak Gunung di Jawa

Kompas.com - 15/08/2023, 11:49 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Label perlengkapan luar ruang Eiger akan melakukan ekspedisi bertajuk EKSPEDISI 17 dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia.

Dalam ekspedisi tersebut, sebanyak 17 orang pendaki perempuan akan berangkat menuju 17 puncak gunung di Pulau Jawa untuk mengibarkan bendera merah putih secara serentak.

"Ekspedisi 17 yang diikuti oleh 17 tim pendaki wanita membawa misi untuk Kenali Negeri melalui keindahan gunung di Indonesia."

"Lebih dari itu, lewat Ekspedisi 17 diharapkan dapat mengenalkan kearifan lokal masyarakat Indonesia, khususnya di kawasan kaki gunung di Indonesia,” ungkap Riadi Suwarno selaku Marketing General Manager Eiger, Riadi Suwarno dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (15/8/2023).

Baca juga: Daftar Acara Perayaan 17 Agutsus 2023 di Gunung Andong via Pendem

Selain itu, pemberangkatan 17 pendaki perempuan juga bermaksud untuk menghilangkan stigma bahwa pendakian, terutama ekspedisi, adalah aktivitas laki-laki.

Momen ini dihadirkan sebagai gerakan untuk mendukung tim pendaki perempuan agar bisa berkarya dan melakukan ekspedisi tanpa mengkhawatirkan adanya batasan-batasan.

“Selama ini dalam dunia pendakian apalagi ekspedisi adalah hegemoni laki-laki, bahkan menjadi stereotip negatif kalau perempuan ikut ekspedisi itu akan merepotkan."

"Eiger ingin memberikan ruang bahwa wanita itu bisa terlibat aktif dalam kegiatan di alam bebas,” ujar Galih Donikara daei Eiger Adventure Service Team yang merupakan penanggung jawab Ekspedisi 17.

Baca juga: Daftar Acara Perayaan 17 Agutsus 2023 di Gunung Andong via Pendem

Tim pendaki perempuan ini sebelumnya telah mengikuti pembelajaran dan pembekalan pada Eiger Women Adventure Course di kaki Gunung Slamet, Mei 2023 lalu. 

Setelah itu, mereka diberi tantangan untuk melakukan ekspedisi masing-masing, sebelum akhirnya muncul gagasan untuk melakukan Ekspedisi 17 ini.

Konferensi pers Ekspedisi 17 di Toko Eiger Jalan Sumatera, Bandung, Senin (14/8/2023).DOK EIGER Konferensi pers Ekspedisi 17 di Toko Eiger Jalan Sumatera, Bandung, Senin (14/8/2023).

Pada 17 Agustus 2023 nanti, Ekspedisi 17 akan ditutup dengan mengibarkan bendera Merah Putih secara serentak di puncak 17 gunung. Upacara secara live streaming juga akan dilakukan dari Toko Eiger Jalan Sumatera, Braga, Kota Bandung.

Baca juga: Tips Mendaki Gunung Telomoyo via Arsal, Tetap Siapkan Fisik

Nantinya, selama 17-19 Agustus 2023 juga akan diadakan Eiger Independence Sport Climbing Competition (EISCC) di Eiger Jalan Sumatera. Kompetisi panjat dinding yang rutin diselenggarakan Eiger setiap 17 Agustus.

“Ini merupakan Eiger yang ke-15 kalinya dan menjadi salah satu bentuk dukungan Eiger dalam memajukan kegiatan panjat dinding di Indonesia,” ungkap Ketua Pelaksana EISCC, Heri Jaro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com