Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komisi X DPR Dukung Pengembalian Prasasti Singosari dari Belanda

Kompas.com - 07/11/2016, 10:58 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Anggota Komisi X DPR RI Kresna Dewanata Phrosakh mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur untuk mengambil kembali prasasti Kerajaan Singosari yang ada di Belanda.

Menurutnya, prasasti tersebut termasuk bagian dalam kekayaan nenek moyang sehingga harus dilestarikan. "Saya berharap itu bisa didorong dan bisa direalisasikan. Karena kita tahu bahwa itu merupakan kekayaan nenek moyang kita," katanya usai mengisi diskusi di Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (6/11/2016).

Ia mengaku belum mengetahui secara pasti bagaimana prasasti tersebut bisa sampai di negeri kincir angin itu. Namun demikian, pemerintah menurutnya wajib untuk berupaya mengambil kembali prasasti tersebut.

"Dari aspek legalitas kita kan tidak tahu, seperti apa saat itu, candi-candi dan prasasti lainnya itu sudah ada di Belanda. Mungkin pada waktu penjajahan dan lain-lain. Kita bisa meminta kepada Pemerintah Belanda bahwa itu dikembalikan dan dijadikan cagar budaya," jelasnya.

Tidak hanya untuk Pemerintah Kabupaten Malang, ia juga akan mendorong Kementerian Pariwisata dan Kedutaan Besar Republik Indonesia yang ada di Belanda untuk andil dalam upaya mengembalikan prasasti Singosari itu.

Upaya itu menurutnya bisa dilakukan dengan cara diplomasi antar negara. "Kita juga ingin mendorong Kementrerian Pariwisata bisa melakukan itu, juga kepada perwakilan-perwakilan Dubes kita yang ada di Belanda," ungkapnya.

KOMPAS.com/ANDI HARTIK Anggota Komisi X DPR RI Kresna Dewanata Phrosakh usai mengisi diskusi di Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (6/11/2016).
Jika usaha sudah dilakukan, Kresna optimistis prasasti itu bisa kembali. Apalagi Pemerintah Kabupaten Malang sudah membangun Museum Singasari yang d idalamnya memuat tentang sejarah Kerajaan Singosari yang sempat berjaya di di Malang pada abad ke 12 hingga abad ke 14.

"Kita punya fasilitas Museum Singasari yang baru dibuat. Kita harus optimis," ungkapnya.

Kabupaten Malang melalui sejarah Kerajaan Singosari berencana akan mengembangkan wisata heritage. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Malang mulai menginventarisasi benda-benda bersejarah yang masih tersisa.

Termasuk akan berupaya memulangkan prasasti Kerajaan Singosari yang akan di Belanda. Di antara prasasti Kerajaaan Singosari yang ada di Belanda adalah Patung Ken Dedes dan Ganesha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com