Kompas.com - 14/11/2016, 11:49 WIB
Suasana di Pasar Apung, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (13/11/2016). KOMPAS.com/ANDI HARTIKSuasana di Pasar Apung, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (13/11/2016).
|
EditorI Made Asdhiana

KOTA BATU, KOMPAS.com - Para wisatawan tampak memadati Pasar Apung, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (13/11/2016). Sebagian dari wisatawan itu ada yang jalan-jalan di atas lantai papan kayu sembari mengelilingi seluruh sendi pasar.

Sebagian ada yang duduk sambil menikmati masakan tradisional dan sebagian lainnya ada yang naik perahu mengitari pasar yang didirikan pada 9 Maret 2015.

(BACA: 6 Pesona Wisata Kota Batu yang Wajib Dikunjungi)

Pasar Apung merupakan destinasi wisata yang menyajikan nuansa klasik di Kota Batu. Berada satu komplek dengan Museum Angkut, Pasar Apung berdiri di atas lahan seluas setengah hektar.

KOMPAS.com/ANDI HARTIK Suasana di pintu masuk Pasar Apung, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (13/11/2016).
Beda dengan Museum Angkut, meski ada dalam satu manajemen, pengunjung di Pasar Apung bebas harga tiket masuk.

Dengan begitu, selepas menikmati pemandangan museum yang penuh dengan mode transportasi, pengunjung bisa langsung merasakan sensasi tradisional di Pasar Apung itu.

(BACA: Pilihan Wisata Edukasi untuk Anak di Kota Batu)

Supervisor Public Relation Museum Angkut, Nunuk Liantin mengatakan, berdirinya Pasar Apung itu terinspirasi dari Pasar Terapung yang ada di Kalimantan. Di mana, para pedagang menjual dagangannya di atas sungai menggunakan perahu.

KOMPAS.com/ANDI HARTIK Suasana di Pasar Apung, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (13/11/2016).
Ada berbagai macam makanan tradisional yang tersedia di Pasar Apung itu. Mulai dari bakpo, lalapan, gudek, bakso jawa, makanan khas Madura, soto betawi dan ketan.

Selain makanan, berbagai dagangan suvenir tradisional juga tampak di pasar itu. Sebagian pedagang ada yang menjualnya dengan sarana perahu, ada pula yang memanfaatkan kios yang tersedia di pasar tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.