Kompas.com - 08/12/2016, 11:03 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

KOMPAS.com — Wisata Halal Indonesia memenangi 12 dari 16 kategori yang dipertarungkan dalam World Halal Tourism Award 2016. Penghargaan tersebut digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 24 Oktober-25 November 2016.

Pengumuman juara itu dilansir melalui website resmi http://itwabudhabi.com/halal-awards/2016-winners.html pukul 21.30 WIB, Rabu 7 Desember 2016.

(Baca Juga: Menpar Targetkan Indonesia Sapu Bersih World Halal Tourism Award 2016)

Dikutip dari siaran pers yang diterima KompasTravel, Indonesia menyabet 12 dari 16 kategori. Sisa empat kategori merupakan kategori yang tidak diikuti Indonesia.

"Ini dramatic! Malaysia dan Turki itu legenda di Wisata Halal Dunia. Dari waktu ke waktu, ya dua negara ini yang menonjol. Dua tahun ini 2015 dan 2016, kita ambil alih!" kata Menteri Pariwisata Arief Yahya seperti termuat dalam siaran pers.

Sementara itu, Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Pariwisata Halal Kementerian Pariwisata Riyanto Sofyan menuturkan, kemenangan tersebut melewati perjuangan panjang dimulai dari tingkat nasional.

"Alhamdulillah setelah perjuangan yang panjang, baik sejak Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional 2016, lalu lanjut berkompetisi di tingkat internasional, alhamdulillah masuk sebagai nomine, berjuang, dan berkompetisi di putaran pertama kompetisi tingkat internasional. Masuk pada Top 5, kompetisi tingkat internasional, sampai dengan perjuangan di Dewan Juri World Halal Tourism Award 2016," tuturnya kepada KompasTravel, Kamis (8/12/2016).

Pemenang ditentukan berdasarkan voting alias suara terbanyak melalui situs resmi World Halal Tourism Award. Seperti dikutip dari situs resmi tersebut, voting yang masuk berjumlah sekitar 1,8 juta suara dari 116 negara. Penghargaan ini diikuti oleh 383 peserta (baik negara maupun merek). Berikut daftar pemenang dari Indonesia:

1. World’s Best Airline for Halal Travellers - Garuda Indonesia.

2. World’s Best Airport for Halal Travellers - Sultan Iskandar Muda International Airport, Aceh Indonesia.

3. World’s Best Family Friendly Hotel - The Rhadana Hotel, Kuta, Bali, Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.