Melihat Megahnya "U-jo", Kastil Gagak di Okayama

Kompas.com - 14/12/2016, 14:17 WIB
Kastil Okayama, Jepang. SANDRO GATRA/KOMPAS.comKastil Okayama, Jepang.
Penulis Sandro Gatra
|
EditorI Made Asdhiana

OKAYAMA, KOMPAS.com - Jepang terkenal dengan kastil atau istana peninggalan sejarah. Kini, kastil-kastil yang masih berdiri megah menjadi obyek wisata yang menarik bagi wisatawan.

Salah satu kastil yang terkenal di Jepang adalah Kastil Okayama.

Kastil Okayama terletak di seberang sungai Asahi dan Taman Korakuen. Dari seberang sungai atau taman, bangunan kastil terlihat jelas.

Lantaran tampilan luar yang dominasi warna hitam dan sedikit emas, kastil itu disebut juga "U-jo" (kastil gagak) atau "kin-u-jo (kastil gagak emas).

Kastil itu dibangun oleh penguasa Okayama ketika itu, Ukita Hideie, anak adopsi dari Toyotomi Hideyoshi. Butuh delapan tahun untuk membangun kastil yang rampung pada 1597.

Saat itu, kompleks kastil terdiri dari 35 bangunan dan 21 gerbang. Pada 1869, kastil Okayama itu menjadi aset negara. Namun, pemerintah tidak dapat mengurus keseluruhan kompleks kastil.

SANDRO GATRA/KOMPAS.com Gerbang Kastil Okayama
Bangunan-bangunan di kompleks kastil kemudian dihancurkan. Yang tersisa hanya empat bangunan, yakni Tenshukaku, Tsukimi Yagura, Nishimaru Nishite Yagura dan Ishiyama Mon.

Namun, kompleks kastil tersebut terbakar saat Perang Dunia II pada 29 Juni 1945. Bangunan yang masih utuh hanya Tsukimi Yagura dan hingga kini masih bertahan keasliannya.

Adapun tiga bangunan lain adalah hasil rekonstruksi pada 1960-an. Bangunan tersebut dibuat seperti aslinya.

Untuk masuk ke kompleks kastil yang dikelilingi tembok dari susunan batu, pengunjung lebih dulu melewati gerbang besar yang terbuat dari kayu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X