Kompas.com - 16/12/2016, 10:06 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Saat berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Wakil Presiden Jusuf Kalla singgah ke Sanggar Genjah Arum milik Iwan Subekti, pengusaha dan peracik kopi di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kamis (15/12/2016).

Di sanggar milik pencicip kopi internasional tersebut, JK bersama rombongan mengikuti proses pembuatan kopi mulai menyangrai, menggiling hingga menyeduh kopi.

JK juga menikmati jajanan tradisional dari pisang goreng, apem dan tahu petis. "Saya lama tidak minum kopi. Di Banyuwangi habis dua gelas. Mulai digoreng, digiling di muka kita," katanya sambil tersenyum.

(BACA: Wow... Ada Bakso Hamil dan Beranak di Banyuwangi)

Ia mengatakan saat ini kopi sudah menjadi tren dan orang sudah mulai bosan ke kafe. Untuk itu dia menyarankan agar berkunjung ke daerah penghasil kopi salah satunya yaitu Banyuwangi.

"Untuk menikmati kopi asli bisa datang ke Kemiren atau daerah lain seperti Gayo, Toraja. Kopi lokal Indonesia harganya lebih murah dibandingkan yang ada di kafe dan berasal dari perkebunan kopi rakyat," katanya.

Di Desa Kemiren, JK pun berganti kostum dengan mengenakan pakaian adat Banyuwangi dengan warna serba hitam serta udeng (penutup kepala) khas Banyuwangi.

Sanggar Genjah Arum merupakan tempat ngopi yang dengan bangunan rumah khas Suku Using Banyuwangi.

Pemilik sanggar Genjah Arum memiliki koleksi kopi dari berbagai belahan dunia termasuk kopi osing, yang merupakan asli Banyuwangi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.