Kompas.com - 01/01/2017, 11:04 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com — Situs Dailymail baru saja merilis catatan mengenai negara destinasi wisata paling tercemar di dunia. Indonesia masuk sebagai salah satu negara yang mendapat predikat negatif tersebut.

"Di ibu kota Indonesia, Jakarta, anak-anak memulung di tumpukan sampah setiap hari," tulis situs Dailymail pada (29/12/2016). Dalam situs berita itu, tampak foto yang menampilkan dua orang anak di Jakarta sedang memulung sampah dan perairan Pulau Mentawai yang tercemar oleh sampah.

Selain Indonesia, negara lain yang juga disorot karena masalah sampah dan polusi adalah India, Brasil, Kamboja, Malaysia, China, dan bahkan Amerika Serikat (Hawaii dan Los Angeles masuk dalam daftar tersebut).

Pemulung di tumpukan sampah Delhi, India.

Misalnya Sungai Gangga di India, yang menjadi destinasi wisata dan religi di India, disebutkan tercemar dengan limbah industri hingga bangkai hewan.

Selanjutnya, Hawaii's Midway Atoll National Wildlife Refuge dipenuhi sampah plastik, jaring untuk menangkap ikan, dan limbah tali. Tuvalu di Kepulauan Polinesia juga disorot karena masalah sampah plastik dan styrofoam.

Brasil dan Kamboja disorot karena perkampungan kumuh yang penuh sampah. Sementara itu, Malaysia disorot karena sampah di Pantai Sandakan.

Polusi udara di Beijing.

Selain itu, kota yang masuk dalam grafik kerusakan lingkungan adalah ibu kota China, Beijing, karena diselimuti asap tebal. Polusi parah yang menyebabkan orang-orang harus memakai masker pelindung ketika keluar menjadi kebiasaan dalam hidup di kota ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Dailymail


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.