Landasan Pacu Bandara Banyuwangi Diperkuat

Kompas.com - 01/03/2017, 21:49 WIB
Pesawat Wings Air dan Garuda Indonesia di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (1/5/2014). KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANAPesawat Wings Air dan Garuda Indonesia di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (1/5/2014).
EditorI Made Asdhiana

BANYUWANGI, KOMPAS — Landasan pacu Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur, akan diperkuat agar dapat melayani penerbangan dengan pesawat yang berukuran lebih besar. Perkuatan landasan pacu itu akan dimulai Maret 2017 dan selesai April 2017.

"Kami akan melapisi landasan pacu (runway) setebal 5 sentimeter. Dengan penambahan ketebalan tersebut, diharapkan batas kekuatan landasan dapat mencapai 40 pavement classification number (PCN)," kata Kepala Bandara Blimbingsari Dodi Dharma Cahyadi di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Selasa (28/2/2017).

Dodi mengatakan, proyek penguatan landasan telah ditender dan didapatkan pemenangnya meskipun pekerjaan belum dapat dimulai karena masih dalam masa sanggah.

Dodi menjelaskan, batas kekuatan landasan pacu Bandara Blimbingsari hanya 27 PCN. Dengan kekuatan 27 PCN, saat ini Bandara Blimbingsari hanya mampu melayani pesawat jenis ATR 72-600 dengan kapasitas 70-an penumpang.

(BACA: Banyuwangi Festival 2017, dari Pecel Pitik sampai Batik)

Dengan ditingkatkannya kekuatan landasan pacu menjadi 40 PCN, Bandara Blimbingsari dapat melayani penerbangan pesawat Boeing 737-600 dengan kapasitas 130-an penumpang.

Bandara Blimbingsari, menurut Dodi, memiliki landasan pacu sepanjang 2.250 meter. Namun, hanya landasan sepanjang 1.800 meter yang difungsikan sebagai landas pacu.

"Nantinya, landasan pacu akan diperlebar hingga 45 meter dengan kekuatan hingga 56 PCN agar dapat melayani pesawat Boeing 737-800. Tetapi, itu rencana jangka panjang. Tahun ini kami fokus pada penebalan landasan terlebih dahulu," katanya.

(BACA: Wisata Semakin Hemat di Banyuwangi, Kini Tersedia 350 Homestay)

Secara terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi Kusyadi mengatakan, selain penebalan landasan pacu, terminal Bandara Blimbingsari juga terus dibangun.

"Semula terminal Bandara Blimbingsari hanya menampung 50-100 orang. Nantinya, terminal yang baru dapat menampung hingga 300 orang," ujarnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X