Kedung Kandang, Air Terjun Tersembunyi di Gunungkidul

Kompas.com - 22/03/2017, 14:05 WIB
Kedung Kandang, begitu nama sungai sekaligus air terjun yang terletak di Gunung Botak, Nglanggeran, Pathuk, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta TRIBUN JOGJA/GILANG SATMAKAKedung Kandang, begitu nama sungai sekaligus air terjun yang terletak di Gunung Botak, Nglanggeran, Pathuk, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta
EditorSri Anindiati Nursastri

KOMPAS.com - Kedung Kandang, begitu nama sungai sekaligus air terjun yang terletak di Gunung Botak, Nglanggeran, Pathuk, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Air sungai mengalir, menuruni gundukan bebatuan besar sehingga menghasilkan deretan air terjun kecil yang menawan. Menurut warga sekitar, air terjun itu akan deras aliran airnya jika turun hujan pada malam sebelumnya.

"Air-air terjun di Kedung Kandang ini airnya mengalir deras dan tampak tambah indah kalau malam harinya turun hujan," ujar Parti, seorang petani yang sedang menanam padi di sekitar Kedung Kandang. 

Di sekitar Kedung Kandang, terdapat pesawahan lengkap dengan terasering yang indah. Jalanan terjal berbatu yang cukup ekstrem harus dilalui jika pengunjung ingin melihat air terjun tersembunyi ini. Anda harus berjalan kaki sekitar satu kilometer dari parkiran motor. 

BACA: Air Terjun Gedad, Destinasi Wisata Alam Terbaru di Gunungkidul

Selain menikmati langsung airnya yang segar, pengunjung bisa menikmati Kedung Kandang dari sebuah jembatan bambu buatan.  Jika merasa letih di tengah jalan, Anda bisa berhenti sejenak sambil melepas lelah di beberapa gazebo yang tersedia.

Heru Purwanto selaku pihak pemasaran kelompok Sadar Wisata Nglanggeran menyebutkan bahwa air terjun di Kedung Kandang tersebut baru benar-benar diperhatikan saat musim hujan tahun 2015. 

"Setelah itu kami mendokumentasikan air terjun yang muncul indah tersebut, dan kami publikasikan melalui media sosial," tambah Heru.

BACA: Diburu Wisatawan, Air Terjun Banyunibo di Gunungkidul

Ia juga menambahkan bahwa dulu pengunjung dikenakan biaya seikhlasnya. Namun tarif tersebut kini sudah ditentukan alias dipatok.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X