Terasering Desa Pendoworejo Yogyakarta, Boleh Diadu dengan Jatiluwih

Kompas.com - 12/06/2017, 12:21 WIB
Terasering di Desa Pendoworejo, Yogyakarta. TRIBUNJOGJA/GILANG SATMAKATerasering di Desa Pendoworejo, Yogyakarta.
EditorSri Anindiati Nursastri

KOMPAS.com - Bicara soal terasering alias sawah berundak, yang terlintas di benak wisatawan mungkin adalah Jatiluwih atau terasering lainnya di Bali. Padahal, Pulau Jawa juga punya banyak terasering keren. 

Salah satunya berlokasi di Desa Pendoworejo, Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta. Di wilayah ini, mayoritas warganya bermata pencaharian sebagai petani.

Bentangan sawah hijau dengan lekukan terasering mengapit jalan antar provinsi.

"Hasil panen dari pesawahan di desa ini yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari untuk mencukupi kebutuhan hidup," ujar Karman, salah satu warga Desa Pendoworejo kepada Tribun Jogja.

Menurut Karman, terasering tersebut terbentuk karena lokasi sawah yang miring dan terletak di lereng pegunungan. 

"Terasering tersebut memang sangat indah dilihat dari setiap sudut desa. Banyak wisatawan yang sering berhenti untuk berfoto dengan latar belakang pesawahan tersebut," tambah Karman.

TRIBUNJOGJA/GILANG SATMAKA Terasering di Desa Pendoworejo, Yogyakarta.

Saat musim panen tiba, lanjutnya, hampir sebagian besar warga Desa Pendoworejo ikut terlibat kegiatan memanen padi serta tanaman lainnya.

Tiap sore hari, Anda akna melihat para petani berjalan di pematang sawah. Benar-benar suasana pedesaan yang sederhana.

Desa ini terletak di perbatasan Kecamatan Kalibawang di sebelah utara, dan Kecamatan Naggulan di sebelah timur. Karena kesuburan persawahan dan hasil alam yang melimpah, Karman mengatakan bahwa Desa Pendoworejo ditunjuk oleh pemerintah daerah Kulonprogo sebagai desa yang menjalankan program percepatan pembangunan kawasan produksi daerah tertinggal. 

Jika ingin melihat panorama tersebut, Anda bisa melalui Jalan Godean menuju ke Kulonprogo. Lalu ikuti jalan hingga ke arah Kecamatan Girimulyo.

Artikel ini dikutip dari Tribun Jogja dengan judul asli "Menikmati Keindahan Panorama Alam Terasiring Nan Artistik Di Desa Pendoworejo".

************************

Ingin mencoba wisata cruise gratis Singapura - Malaka - Singapura? Caranya gampang, ikuti kuis dari Omega Hotel Management di sini. Selamat mencoba!



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X