Ini Cara Aceh Utara Antisipasi Kecelakaan di Obyek Wisata

Kompas.com - 03/07/2017, 08:02 WIB
Masyarakat memadati kawasan wisata Gunung Salak, di Kilometer 31, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara, Sabtu (1/7/2017) Kompas.com/MasriadiMasyarakat memadati kawasan wisata Gunung Salak, di Kilometer 31, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara, Sabtu (1/7/2017)
|
EditorI Made Asdhiana

LHOKSUKON, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Aceh Utara mendirikan posko Public Safety Center (PSC) 119 di Kilometer 28, dekat kawasan obyek wisata Gunung Salak, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara.

Posko ini khusus bantuan medis dan dibuka hanya pada musim liburan dan akhir pekan serta dapat dihubungi pada nomor 082365566119.

Ketua PSC Dinas Kesehatan Aceh Utara, Ferianto, Minggu (2/7/2017) mengatakan pembukaan posko itu untuk antisipasi jika terjadi kecelakaan di obyek wisata itu. Pasalnya, jalan yang mulus namun terbilang sempit di lokasi wisata itu berpotensi terjadi kecelakaan.

Posko ini, sambung Ferianto, disiapkan delapan petugas medis, satu mobil ambulans dan satu mobil umum plus sejumlah peralatan dan obat-oabatan untuk fasilitas pertolongan pertama pada kecelakaan.

“Kita sudah komunikasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah juga. Nanti di wilayah mereka, dekat area Gunung Salak juga akan ada pos layanan medis,” katanya.

“Posko ini penting untuk membantu wisatawan jika kecelakaan. Karena lokasi itu jauh dari rumah sakit dan Puskesmas. Jadi lebih baik kita dirikan posko setiap akhir pekan,” ujar Ferianto.

Dia mengimbau agar wisatawan tidak kebut-kebutan di lintas Gunung Salak sehingga peristiwa kecelakaan dapat dihindarkan.

“Jika kecelakaan silakan hubungi nomor handphone 082365566119 selama 24 jam. Nomor itu khusus layanan darurat kita,” pungkasnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X