Kawah Sileri Meletus, Ini Pilihan Wisata Dieng yang Aman Dikunjungi

Kompas.com - 05/07/2017, 15:12 WIB
Bukit Sikunir Dieng di Jawa Tengah. BARRY KUSUMABukit Sikunir Dieng di Jawa Tengah.
|
EditorI Made Asdhiana

WONOSOBO, KOMPAS.com - Salah satu kawah besar di Dieng, Wonosobo Jawa Tengah memang baru meletus. Namun, wisatawan masih aman berkunjung ke berbagai destinasi lain di Dataran Tinggi Dieng.

"Yang kami batasi hanya Kawah Sileri, sejauh 100 meter. Sedangkan tujuan lain seperti Kawah Sikidang tetap berjalan normal," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, Surip, Senin (3/7/2017).

Selain alamnya terkenal memukau, seperti pegunungan-pegunungan yang indah, kawah-kawah maupun telaga-telaga indah terhampar luas di Dieng Plateu.

(BACA: Gubernur Jateng: Kawasan Wisata Dieng Segera Ditata Ulang)

Kawasan Dataran Tinggi Dieng sendiri memiliki belasan titik destinasi eksotis. Mulai dari gugusan candi hindu-hindu tua di Jawa, beberapa komplek bangunan candi, gugusan kawah, desa adat, hingga Dieng Plateu Theater.

Berikut beberapa destinasi unggulan Dieng yang aman untuk dikunjungi pasca letusan Kawah Sileri.

1. Telaga Warna

Telaga warna merupakan salah satu destinasi utama di Dieng. Letaknya cukup jauh yaitu 4,9 kilometer dari letusan Kawah Sileri, berada di sebelah barat laut telaga ini.

(BACA: Pelaku Wisata Dituntut Jaga Citra Dieng)

Telaga Warna di Dieng Plateau ini terletak pada ketinggian 2.000 mdpl, di mana pemandangan di tempat ini sangat indah.

Telaga Warna Dieng memiliki keunikan tersendiri karena warna air di sini sering berubah-ubah, kadang berwarna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Pengaruh kandungan sulfur membuatnya sering berubah warna, dan jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X