Kompas.com - 20/07/2017, 20:03 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah wisatawan Indonesia yang menyambangi Jepang terus bertambah tiap tahunnya. Pada 2016, sebanyak 271.014 wisatawan Indonesia yang menyambangi Negeri Sakura dengan kenaikan sebesar 32,1 persen dibanding tahun sebelumnya.

Januari-Juli tahun ini, jumlah turis Indonesia yang melancong ke Jepang adalah 184.000 orang dengan kenaikan sebesar 44,9 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Ini adalah jumlah kunjungan tertinggi dibanding negara-negara lain penyumbang wisman di Jepang.

Ada dua bandara besar di dekat Tokyo yang menjadi tempat mendarat favorit turis Indonesia. Pertama adalah Bandara Haneda, kedua adalah Bandara Narita. Apa perbedaannya?

"Sebetulnya bandara yang buka untuk rute internasional terlebih dahulu adalah Narita, kemudian baru Haneda. Bandara Haneda terletak lebih dekat dengan Tokyo. Haneda hanya 11 menit perjalanan dari pusat kota," tutur Raymond Tjia, Sales & Marketing Manager All Nippon Airways saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Bandara Haneda, Tokyo, JepangAFP PHOTO Bandara Haneda, Tokyo, Jepang

Sementara itu, lanjutnya, wisatawan butuh waktu 70 menit perjalanan dari Bandara Narita menuju pusat Kota Tokyo. Bandara Narita juga menjadi hub bagi penerbangan transit baik menuju Eropa, Amerika, dan Afrika.

"Dari segi harga tiket pesawat, sebetulnya sedikit lebih mahal jika tujuannya Bandara Haneda," tambah Raymond.

Bandara Haneda juga lebih cocok bagi Anda yang ingin mengeksplor Jepang. Dari bandara ini, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju 40 destinasi di Jepang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.