Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Anakan Gajah Pertama Kali Keluar dari Kandangnya

Kompas.com - 06/10/2017, 07:10 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Anakan gajah itu baru keluar dari kandangnya di Batu Secret Zoo, Kota Batu, Jawa Timur, Rabu (4/10/2017). Ia berjalan mengikuti induknya menuju tempat makanan yang telah disediakan.

Langkahnya masih malu-malu. Maklum, anakan gajah sumatera yang belum diberi nama itu baru pertama kali keluar dari kandangnya dan diperkenalkan kepada pengunjung.

(BACA: Lucunya Melihat Gajah Melukis dan Main Bola di Chiang Mai)

Sepanjang ia berjalan, anakan gajah betina itu tidak pernah jauh dari induknya. Bahkan, ia kadang berlindung di balik tubuh sang induk.

"Ini baru pertama kali keluar," kata seorang pemandu memperkenalkan anakan gajah yang dipanggil si mungil itu.

Anakan gajah sumatera yang baru keluar pertama kali dari kandangnya bersama induknya di Batu Secret Zoo, Kota Batu, Jawa Timur, Rabu (4/10/2017)KOMPAS.com/ANDI HARTIK Anakan gajah sumatera yang baru keluar pertama kali dari kandangnya bersama induknya di Batu Secret Zoo, Kota Batu, Jawa Timur, Rabu (4/10/2017)
Anakan gajah itu lahir pada tanggal 7 Juli 2017 sekitar pukul 04.15 WIB di Batu Secret Zoo. Kelahirannya normal, tanpa bantuan alat khusus.

"Untuk proses kelahirannya lancar," kata salah satu dokter hewan di Batu Secret Zoo, Roosy Margaretha Riupassa.

Roosy mengatakan, anakan gajah itu lahir dari pejantan bernama Andalas dan betina bernama Tira. Ia lahir dengan bobot 85 kilogram dan tinggi 78 sentimeter.

"Untuk pertama kali kelahiran gajah sumatera di Batu Secret Zoo," katanya.

Anakan gajah sumatera yang baru keluar pertama kali dari kandangnya bersama induknya di Batu Secret Zoo, Kota Batu, Jawa Timur, Rabu (4/10/2017).KOMPAS.com/ANDI HARTIK Anakan gajah sumatera yang baru keluar pertama kali dari kandangnya bersama induknya di Batu Secret Zoo, Kota Batu, Jawa Timur, Rabu (4/10/2017).
Dengan begitu, koleksi gajah sumatera di Batu Secret Zoo bertambah menjadi lima ekor.

Rossy menjelaskan, usia kebuntingan gajah sangat lama. Yakni sekitar 23 sampai 24 bulan.

Selain mendapatkan anakan gajah, Batu Secret Zoo juga mendapatkan anakan orangutan jantan. Ia lahir pada 24 Juli 2017 dari pejantan bontang dan indukan toti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com