PickMe!
Merupakan konten afiliasi yang memberikan rekomendasi produk. Kami akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian Anda.

Hasil Foto Masih Kurang Sempurna? Mungkin Ini yang Terlupa...

Kompas.com - 11/12/2017, 14:40 WIB
Aningtias Jatmika,
M Latief

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kamera canggih dengan resolusi besar sudah di tangan. Namun, hasil foto liburan terasa masih kurang sesuai harapan.

Selain didukung kamera yang mumpuni, beberapa aspek lain juga harus diperhatikan traveler. Sebab, memotret bukan sekadar memencet tombol di kamera atau smartphone Anda.

Lebih dari itu, memotret adalah pengabadian momen yang mungkin tidak akan terulang di hari lainnya.

Sebelum memotret, ada baiknya untuk memahami obyek foto yang akan diabadikan. Fotografer Kompas.com, Roderick Adrian Mozes memaparkan, hal ini dilakukan terutama untuk mengetahui kondisi lingkungan yang akan dipotret. Penelitian dapat dilakukan dengan mencari di internet atau bertanya langsung pada kenalan.

Jangan langsung asal jepret begitu sampai lokasi. Nikmati perjalanan Anda dengan mendalam. Semakin lama di suatu tempat, fotografer akan memiliki peluang menemukan hal-hal baru.

Jika sudah mendapatkan “chemistry” dengan lokasi foto, langkah selanjutnya adalah mendapatkan angle yang tepat. Selebgram Rani Ramadhany menuturkan, pengambilan angle sebaiknya dipatok ke satu objek yang ingin difokuskan. Jangan fokus ke banyak objek, sebab less is more.

Masih dipaparkan Rani, traveler harus memperhatikan benar-benar jarak objek dengan bidikan kamera. Beberapa objek memang sebaiknya dibidik dari dekat, misalnya makanan, kerang, bunga, dan benda-benda lainnya yang punya pesona individu. Gunakan background plain agar objek lebih menonjol.

Di sisi lain, ada pula objek-objek tertentu yang sulit dijepret dari dekat sehingga zoom akan sangat membantu.

Entah mau membawa kamera saku, mirrorless, DSLR, atau sekadar kamera ponsel, Anda harus benar-benar menguasai alat tersebut. Menguasai fitur-fitur di kamera jadi hal penting untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.

Siapkan pula berbagai perangkat pendukung lainnya, seperti tripod atau monopod (tongsis) untuk memudahkan pengambilan foto. Nah, agar tak kehabisan baterai, bawa juga baterai cadangan jika Anda membawa kamera atau powerbank jika Anda menggunakan kamera ponsel.

Memory card tambahan juga patut dipertimbangkan. Dengan begitu, Anda bisa mengambil banyak foto untuk diseleksi kemudian.

Begitu sampai di rumah, kita pasti ingin melihat hasil foto-foto kita di layar yang lebih besar, misalnya di laptop atau komputer. Bahkan, bisa juga menyambungkan langsung di layar televisi untuk dilihat bersama keluarga atau sahabat.

Beberapa ada yang bagus, tapi ada juga yang tidak. Namun, menurut Avery Meyers, fotografer asal Amerika Serikat seperti dikutip dari Foxnews.com, hal penting dari foto liburan adalah gambar tersebut nantinya bisa membangkitkan kenangan kita saat di sana.


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com