Kompas.com - 24/12/2017, 07:28 WIB
Seorang pramugari Garuda Indonesia menggendong penumpang lanjut usia beberapa waktu lalu. Foto ini menjadi viral di media sosial. ISTIMEWASeorang pramugari Garuda Indonesia menggendong penumpang lanjut usia beberapa waktu lalu. Foto ini menjadi viral di media sosial.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta

JAKARTA, KOMPAS.com - Informasi yang mengalir luas lewat media sosial kian tak terbendung. Berbagai peristiwa, tak ketinggalan di dunia pariwisata menyedot banyak perhatian warga net.

Sepanjang tahun 2017 KompasTravel merangkum berbagai peristiwa viral. Mulai dari kelakuan turis di tempat wisata sampai kerusakan yang diakibatkan. Berikut tujuh peristiwa di dunia pariwisata yang sempat viral di tahun 2017.

1. Kapal Pesiar Inggris Rusak Terumbu Karang Raja Ampat

Kapal pesiar Inggris, Caledonian Sky, berlayar hingga wilayah perairan yang surut di Raja Ampat, Papua Barat, mengakibatkan rusaknya terumbu karang di salah satu ekosistem laut terindah di Indonesia tersebut.

Peristiwa itu terjadi pada 4 Maret 2017 saat kapal berbobot 4.290 ton tersebut selesai mengantarkan 102 penumpangnya melakukan pengamatan burung di Waigeo. Terumbu karang yang rusak awalnya diperkirakan mencapai 1.600 meter persegi. Namun menurut hasil kajian Conservation International, luas yang mengalami kerusakan mencapai 13.500 meter persegi.

2. Kelakuan Jorok Turis Indonesia di Jepang

Pada Maret 2017, salah satu warga Indonesia, Tyas Palar, menulis status di halaman Facebook miliknya tentang kelakuan turis Indonesia di Jepang. Tyas mengeluh lantaran rombongan turis di Indonesia enggan membereskan peralatan makan sehabis makan. Padahal mereka makan di restroran self service.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bukan hanya malas membereskan peralatan makan, KompasTravel merangkum keluhan atas turis asal Indonesia di Jepang yang gemar memetik bunga sakura dan mengobrol dengan suara kencang di kereta.

Sebuah video yang disebut-sebut sebagai proses shooting reality show yang dikecam netizen karena dianggap tidak sopan.INSTAGRAM LAMBE TURAH Sebuah video yang disebut-sebut sebagai proses shooting reality show yang dikecam netizen karena dianggap tidak sopan.

3. Menginjak Cagar Budaya

Kejadian di Candi Borobudur, Magelang dan Plengkung Gading, Yogyakarta sempat membuat heboh sekaligus geram warga net.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.