Agenda Dua Hari Satu Malam di Kaki Gunung Ciremai

Kompas.com - 29/12/2017, 08:43 WIB
Salah satu wisata dataran tingginKuningan yang menyuguhkan atraksi pemandangan Gunung Ciremai, dengan beberapa tempat berfoto unik, ada di Jurang Landung bagian dari kawasan Curug Landung, Kuningan, Jawa Barat. KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIASalah satu wisata dataran tingginKuningan yang menyuguhkan atraksi pemandangan Gunung Ciremai, dengan beberapa tempat berfoto unik, ada di Jurang Landung bagian dari kawasan Curug Landung, Kuningan, Jawa Barat.
|
EditorI Made Asdhiana

KUNINGAN, KOMPAS.com - Mengunjungi Kabupaten Kuningan di Jawa Barat, Anda bisa menjelajahi kaki Gunung Ciremai yang penuh tempat wisata menarik, mulai wisata alam, wisata budaya, hingga wisata alam dengan atraksi buatan.

Harga tiket wisata yang dipatok hampir semua sama dan relatif murah, berkisar Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Terkecuali bukit 1000 bintang, yang harus dengan mobil offroad Rp 350.000.

Meski menuju Gunung Ciremai ada banyak akses, tetapi yang sudah banyak obyek wisatanya ialah lewat Kecamatan Cigugur. Terdapat lebih dari enam destinasi wisata yang bisa Anda jelajahi sepanjang jalannya.

Baca juga : Ini Dia Oleh-oleh Tahu Susu Khas Kuningan

Waktu paling singkat yang direkomendasikan KompasTravel untuk menjelajahi beberapa obyek wisata di sini ialah dua hari satu malam menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan ojek dari destinasi satu ke yang lainnya.

Ikan Dewa di obyek wisata Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.SENDY ADITYA SAPUTRA Ikan Dewa di obyek wisata Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.
Balong Cigugur

Mulai di pagi hari, sekitar pukul 09.00 WIB, Anda bisa mengunjungi Balong Cigugur. Di sana merupakan salah satu habitat ikan endemik Kuningan, yang sering disebut ikan dewa.

Baca juga : Serunya Berenang dengan Ikan Dewa di Kuningan

Anda bisa berenang di segarnya air Gunung Ciremai, bersama dengan ikan-ikan jinak tersebut. Tenang saja, salah satu keistimewaan ikan langka ini, tidak amis airnya. Sumber mata air yang banyak di bawah kolam ini, membuat air akan terus bersih dan segar.

Taman Cisantana

Memasuki siang hari, saatnya bersantai menikmati indahnya "taman langit" Cisantana. Taman buatan ini berada di atas ketinggian 1.000 – 1.150 mdpl.

Taman indah ini dahulunya merupakan tempat menambang batu. Namun kini tebing-tebing bekas tambang ditata sedemikian rapih dengan aneka pepohonan dan bunga unik seperti kaktus. Kini menjadi destinasi wisata dataran tinggi Kuningan yang unik untuk santai menikmati udara segar, dan berfoto.

Jurang Landung

Sore hari sambil menikmati sunset, Anda bisa berkunjung ke Jurang Ladung. Wahana ini masuk kawasan Curug Landung. Namun, berlokasi di pinggir jurangnya, yang disulap jadi spot foto instagenik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X