Hotel di Jogja Mulai Penuh, Wisatawan Diarahkan Menginap di Zona Tiga

Kompas.com - 30/12/2017, 15:02 WIB
Suasana jalur pedestrian di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, DIY, Sabtu (3/6/2017). KOMPAS.COM/TEUKU MUH GUCI S Suasana jalur pedestrian di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, DIY, Sabtu (3/6/2017).
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang pergantian tahun 2018, tingkat hunian hotel di Yogyakarta mencapai 100 persen. Wisatawan yang belum memesan kamar untuk berlibur disarankan ke zona tiga.

"Alhamdulillah untuk ring 1 dan 2 sudah full, ring 3 sudah 80 persen," ujar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Yogyakarta, Istidjab M Danunagoro, saat dihubungi KompasTravel, Jumat (29/12/2017).

Baca juga : 6 Spot Wisata di Yogyakarta untuk Akhir Tahun

Ia menghimbau wisatawan yang masih membutuhkan hunian liburan agar menuju zona tiga. Zona tiga ialah hotel yang berada di sekitaran Kaliurang, Prawirotaman, sekitar Bandara, Jalan Magelang, Jalan Palagan, dan Jalan Gejayan.

Selain itu juga ia merekomendasikan hotel-hotel non bintang di zona satu dan dua. Menurutnya, tingkat hunian atau okupansi hotel non bintang masih relatif lebih rendah dibanding hotel berbintang sampai saat ini.

Baca juga : Kolaborasi Seniman Hasilkan Hotel Artistik di Yogyakarta

"Tamu yang masih butuh kamar, kita sarankan ke hotel non bintang dan homestay di kampung wisata," kata Istidjab.

Ia menegaskan, zonasi tersebut tidak ada kaitannya dengan kelas atau jumlah bintang hotel. Hanya untuk mengelompokkan lokasi-lokasi mana yang tingkat huniannya sangat tinggi sampai yang rendah.

Wisatawan asing menyusuri lorong bawah tanah di kompleks Istana Air Taman Sari, Yogyakarta, Jumat (5/8/2016).KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Wisatawan asing menyusuri lorong bawah tanah di kompleks Istana Air Taman Sari, Yogyakarta, Jumat (5/8/2016).
Di zona satu, yaitu sekitaran Malioboro sejak tanggal 20 Desember 2017 memang okupansinya sudah mencapai 70 persen. Ia memprediksi puncaknya pada tanggal 31 Desember 2017.

Tak hanya di libur panjang akhir tahun, menurut Istidjab, wisatawan yang datang dadakan memang biasa diarahkan langsung ke zona tiga. "Untuk pesan dadakan memang biasa dialihkan ke ring tiga dan hotel non bintang juga," tutupnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X