Beberapa Jam Menjelang Penutupan Jalur Puncak, Jonggol-Cipanas Macet

Kompas.com - 31/12/2017, 19:36 WIB
Kemacetan panjang terjadi di Simpang Mariwati, Sukaresmi, Minggu (31/12/2017). Simpang ini merupakan tempat keluar kendaraan dari jalur Jonggol-Sukaresmi, menuju kawasan Puncak. KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAKemacetan panjang terjadi di Simpang Mariwati, Sukaresmi, Minggu (31/12/2017). Simpang ini merupakan tempat keluar kendaraan dari jalur Jonggol-Sukaresmi, menuju kawasan Puncak.
|
EditorI Made Asdhiana

CIANJUR, KOMPAS.com - Menjelang beberapa jam sebelum penutupan jalur Puncak, jalur alternatif Jonggol-Cipanas macet. Kondisi tersebut terpantau dari Simpang Mariwati, Sukaresmi, Minggu (31/12/2017).

Dari pantauan KompasTravel, kemacetan mengekor hingga 2 kilometer lebih, pada pukul 15.20 WIB. Tepatnya dari Simpang Mariwati hingga Kawasan Wisata Kota Bunga.

Menurut anggota Pos PAM, Polsek Sukaresmi, Aiptu Hamdani kemacetan tersebut mulai pagi hari, pukul 09.00. Namun, intensitasnya terkadang macet total, kadang padat merayap.

Baca juga : 3 Resto Tempat Melihat Kembang Api dari Puncak Bogor

"Penyebabnya karena bertepatan dengan hari libur, Minggu juga terdapat peribadatan di Gereja Lembah Karmel. Lalu banyak tempat wisata besar, seperti Taman Bunga Nusantara," ujarnya saat ditemui di pos Sukaresmi.

Kemacetan panjang terjadi di Simpang Mariwati, Sukaresmi, Minggu (31/12/2017). Simpang ini merupakan tempat keluar kendaraan dari jalur Jonggol-Sukaresmi, menuju kawasan Puncak.KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kemacetan panjang terjadi di Simpang Mariwati, Sukaresmi, Minggu (31/12/2017). Simpang ini merupakan tempat keluar kendaraan dari jalur Jonggol-Sukaresmi, menuju kawasan Puncak.
Ia juga mengatakan penutupan jalur Ciawi sangat berpengaruh pada kemacetan di Sukaresmi. Karena kendaraan dari Jakarta diarahkan ke Jonggol-Cipanas.

"Orang akan cenderung memilih jalur Jonggol, karena takut macet di Ciawi dan akhirnya ditutup jalan ke Puncak," terangnya.

Kendaraan yang lewat didominasi roda empat pada siang hari, dan roda dua di sore hari berpelat B.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X