Pecak Lele, Makan Khas Betawi Cocok untuk Santap Siang - Kompas.com

Pecak Lele, Makan Khas Betawi Cocok untuk Santap Siang

Kompas.com - 09/01/2018, 09:10 WIB
Pecak lele salah satu makanan khas Betawi yang ada di Bekasi, Pondok Gabus Lukman, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (4/1/2018). KOMPAS.COM/ANGGITA MUSLIMAH Pecak lele salah satu makanan khas Betawi yang ada di Bekasi, Pondok Gabus Lukman, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (4/1/2018).

BEKASI, KOMPAS.com – Udara siang hari yang cukup panas karena teriknya matahari, rasanya makanan segar sekaligus mengenyangkan bisa jadi pilihan santap siang.

Salah satu makanan khas Betawi yang ada di Bekasi adalah Pecak Lele. Berbeda dengan pecel lele, yang memadukan lele goreng dengan sambal juga lalapan.

Beberapa waktu lalu, selain menyicip Gabus Pucung, KompasTravel pun penasaran dengan rasa dari makanan yang dikenal dengan nama pecak lele.

Baca juga : Kenapa Soto Lamongan Selalu Ditemani Pecel Lele?

Setelah memesan, tak lama hidangan pecak lele pun disajikan. Begitu dihidangkan, saya sempat menelan ludah, karena tergiur dengan penampakan dari makanan ini.

Di benak saya sudah membayangkan rasa segar makanan tersebut. Jika dilihat bumbu yang disiram pada lele goreng ini seperti rujak yang ditumbuk.

Sambal pecak khas Betawi yang ada di Bekasi, Jawa Barat ini biasa disandingkan dengan ikan lele atau ikan mas, Kamis (4/1/2018). KOMPAS.COM/ANGGITA MUSLIMAH Sambal pecak khas Betawi yang ada di Bekasi, Jawa Barat ini biasa disandingkan dengan ikan lele atau ikan mas, Kamis (4/1/2018).
Saya pun tak sabar untuk mencoba. Mulanya saya menyeruput sedikit kuah dari tumbukan bumbu. Hal yang paling melekat saat saya mencoba adalah rasa asam yang begitu segar.

Baca juga : Mencicipi Mangut Lele Yu Mur, Warisan Tiga Generasi

Selain asam, ada rasa pedas pula yang terasa di lidah. Saya pun mencoba memotong daging ikan lele dan mencampurkannya dengan bumbu. Tidak hanya itu, dilengkapi juga dengan nasi hangat.

Menurut pemilik Pondok Gabus Lukman, Haji Lukman yang menjual menu makanan ini, pecak lele merupakan makanan khas Betawi termasuk di Bekasi.

Baca juga : Lele Goreng Sudah Biasa, Istana Lele Sajikan Lele Bakar Organik

“Orang Jawa kan pecel, kalau kita (Betawi) pecak. Terbuatnya (bumbu) dari jahe, bawang merah, cabai, dan kacang. Rasanya memang agak asam. Semua bahan serba mentah, kecuali kacangnya sudah matang. Kemudian ditumbuk dan disiram dengan air panas,” kata Lukman kepada KompasTravel.

Pecak ini tidak hanya disandingkan dengan ikan lele, tetapi Anda juga bisa memesannya dengan ikan mas goreng.

Aneka ikan yang biasa dipadukan dengan sambal pecak khas Betawi, di Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (4/1/2018). KOMPAS.COM/ANGGITA MUSLIMAH Aneka ikan yang biasa dipadukan dengan sambal pecak khas Betawi, di Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (4/1/2018).
Menurut Lukman, memang banyak pembeli yang berminat untuk menyantap gabus pucung, tetapi juga beberapa dari mereka memesan pecak lele atau pecak ikan mas.

Untuk satu porsi menu pecak lele, Anda harus persiapkan kocek sekitar Rp 25.000 hingga Rp 30.000, ditambah dengan satu porsi nasi seharga Rp 7.000. Beragamnya harga satu porsi pecak lele ini, menurut Lukman sesuai dengan besar atau kecilnya ikan yang dipesan pembeli.

******************

Mau merasakan liburan seru ke Pulau Bali? Kali ini liburannya gratis dan ke destinasi anti-mainstream! Selama empat hari tiga malam, seluruh biaya peserta sudah ditanggung. Termasuk tiket PP Jakarta-Bali, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone OPPO F5.

Caranya mudah, ikuti photo competition 'Unforgettable Journey'. Klik link ini.


EditorI Made Asdhiana

Komentar

Close Ads X