Kampung Kopi Bondowoso, Usaha Warga Mempromosikan Pariwisata Daerah

Kompas.com - 28/03/2018, 18:30 WIB
Inilah Jalan Pelita, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Kota Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Yang Menjadi Destinasi Wisata Kampung Kopi. KOMPAS.com/ Ahmad WinarnoInilah Jalan Pelita, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Kota Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Yang Menjadi Destinasi Wisata Kampung Kopi.

  BONDOWOSO, KOMPAS.com - Destinasi wisata di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, semakin hari semakin tumbuh. Salah satu destinasi wisata di Bondowoso, Kampung Kopi di sepanjang Jalan Pelita, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Kota Bondowoso hadir berkat inisiasi warga setempat. 

Awalnya, kondisi di Jalan Pelita sangat sepi. Padahal, jalan tersebut berada di tengah kota Bondowoso. Namun, kini kondisinya berubah sangat drastis ditandai dengan perekonomian semakin tumbuh.

Hal tersebut terlihat dari semakin banyak munculnya warung-warung kopi yang didirikan oleh warga secara mandiri. Bahkan, sejak awal tahun 2018 lalu, warga yang berada di sepanjang jalan itu, mendeklarasikan sebagai kampung kopi.

“Ini adalah ikhtiar warga sendiri, kami melihat ada potensi besar yang dimiliki Bondowoso, yakni Kopi Arabika. Kami pun berembuk dengan warga dan memutuskan untuk membuka warung-warung kopi di sepanjang Jalan Pelita,” kata Ketua Paguyuban Warung Kopi Jalan Pelita, Heru Sukamto, Rabu (28/3/2018).

Heru menceritakan, awalnya hanya ada sekitar 12 warung kopi yang berdiri, namun lambat laun jumlahnya bertambah semakin banyak.

“Alhamdulillah, saat ini jumlahnya sudah mencapai 30 warung,” paparnya.

Dia menambahkan, ide menjadikan Jalan Pelita sebagai kampung kopi merupakan usulan warga, yang tergerak ingin mempromosikan wisata Bondowoso kepada masyarakat luas.

“Kami sadar bahwa tugas mempromosikan wisata bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi masyarakat juga harus memiliki andil. Sebab, jika daerahnya semakin dikenal, tentu akan berdampak terhadap perkembangan ekonomi masyarakat, termasuk kami,” ucapnya.

Salah Satu Suasana Di Warung Kampung Kopi Yang Berada Di Jalan Pelita, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Kota Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. KOMPAS.com/ Ahmad Winarno Salah Satu Suasana Di Warung Kampung Kopi Yang Berada Di Jalan Pelita, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Kota Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Untuk itu, lanjut Heru, barang- barang yang dijual di kampung kopi produk asli Bondowoso.

“Seperti Kopi Arabika Java Ijen Raung, lalu tape, cemilan, souvenir, dan beragam produk asli dari Bondowoso,” katanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X