Hostel atau Hotel, Mana yang Cocok untuk Liburan Anda? - Kompas.com

Hostel atau Hotel, Mana yang Cocok untuk Liburan Anda?

Kompas.com - 01/05/2018, 07:23 WIB
Ilustrasi kamar hotelDok. Arnava Bogor Hotel Ilustrasi kamar hotel

KOMPAS.com - Apakah perbedaan terbesar antara hostel dan hotel?

Ada beberapa perbedaan penting antara hostel dan hotel yang patut Anda pertimbangkan saat melakukan perencanaan liburan mendatang.

Panduan berikut akan membantu Anda untuk membuat keputusan yang cocok untuk liburan Anda.

Seperti dikutip dari Smatertravel.com, seorang penulis perjalanan, Matt Buckley, berbagi lima faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih jenis penginapan. Berikut di antaranya.

Kamar

Perbedaan utama dari hostel dan hotel adalah jenis kamar apakah kamar tersebut privat atau harus berbagi dengan tamu yang lainnya.

Jika Anda tidak masalah berbagi kamar dengan orang asing, maka hostel bisa menjadi pilihan Anda.

Namun bila Anda tak nyaman harus berbagi kamar dan kamar mandi dengan lima orang yang tak Anda kenal, maka hostel bukanlah pilihan untuk Anda.

Namun sebelum Anda mencoret hostel dari pilihan Anda karena kenyaman privasi, sebaiknya terlebih dahulu Anda cek hostel yang Anda incar.

Beberapa hostel memiliki kamar tidur privat dan kamar mandi privat.

Sementara itu, hotel menawarkan kamar yang privat, termasuk kamar mandi sendiri yang berada di dalam kamar.

Memang ada beberapa hotel melati yang menawarkan kamar mandi di luar kamar tidur dan harus berbagi dengan tamu lainnya, tetapi ini kasus langka.

Intinya, jika Anda memandang privasi selama liburan terutama saat tidur, adalah hal yang penting, maka hotel adalah pilihan terbaik untuk Anda. Hanya saja, berbagi kamar dengan orang asing bukanlah sesuatu hal yang aneh.

Apalagi teman sekamar Anda nantinya juga sesama pelancong seperti Anda. Orang-orang ini bisa menjadi teman baru Anda dan memberikan aneka tips perjalanan maupuh kisah perjalanan yang unik.

Jika salah satu tujuan traveling Anda adalah bertemu orang-orang baru, maka hostel bisa menjadi pilihan Anda.

Keamanan

Hanya saja berbagi kamar dengan tamu asing memang memiliki beberapa risiko.

Beberapa hostel menyediakan fasilitas keamanan seperti loker dekat ranjang. Hanya beberapa hostel tidak memberikan kunci untuk loker semacam ini. 

Jadi jika Anda bepergian dengan barang-barang berharga dan Anda harus meninggalkan kamar, pastikan Anda menyimpan barang Anda dalam tempat yang berkunci.

Sebab patut diingat pintu kamar tentu saja tidak akan terkunci agar tamu bebas keluar masuk.  Sebaiknya bawalah kunci dan gembok sendiri.

Sebaliknya, setiap kamar di hotel yang merupakan kamar pribadi tentu saja dalam kondisi terkunci.

Masing-masing tamu akan mendapatkan kunci sendiri. Beberapa hotel bahkan menyediakan kotak penyimpanan berkunci (safe deposit box) untuk menaruh barang berharga.

Hostel Books and Beds di Tokyo, Jepang. Hostel Books and Beds di Tokyo, Jepang.
Harga

Secara harga, rata-rata kamar yang berbagi dengan tamu lainnya, tentu saja memiliki harga lebih murah dibanding kamar privat. Namun ada banyak faktor yang mempengaruhi harga suatu akomodasi.

Misalnya hostel yang tepat di tepi pantai, bisa jadi harganya lebih mahal dibanding hotel yang tidak tepat di tepi pantai. Jangan berasumsi hanya karena penginapan tersebut sebuah hostel, maka itu menjadi pilihan termurah Anda.

Sebaiknya lakukan riset dan perbanyak pilihan sebelum memutuskan penginapan terbaik untuk Anda.

Amenities

Amenities atau perlengkapan tambahan di dalam kamar tidur sebuah hotel agar pengalaman tamu menginap semakin nyaman.

Beberapa amenities di hotel kerap kali tak dipandang tak bernilai oleh tamu. Misalnya seperti televisi, hair dryer, dan telepon, adalah barang biasa ditemukan di hotel.

Namun, barang-barang ini adalah benda langka di hostel. Belum lagi amenities di kamar mandi yang kerap dipandang sepele oleh tamu hotel seperti sabun dan handuk.

Sebagian besar hostel tidak menyediakan amenities seperti ini.

Jadi jika Anda tipikal tidak mau repot dan memandang perlu adanya amenities yang biasa tersedia di kamar hotel, maka hostel bukan pilihan terbaik Anda.

Mungkin hostel tidak memiliki amenities dalam kamar yang mumpuni. Namun sebenarnya hostel memiliki fasilitas yang bisa dimanfaatkan, seperti ruang televisi dan dapur.

Area-area publik dengan fasilitas yang bisa digunakan secara bersama-sama dengan tamu lain, merupakan bagian dari pengalaman menginap di hostel.

Para tamu bisa saling berinteraksi dan menjalin hubungan pertemanan yang baru.

Lokasi

Salah satu perbedaan terbesar antara hostel dan hotel adalah akses. Biasanya hostel bertebaran di kota-kota besar, terutama berlaku di Eropa.

Namun sulit mencari hostel di kota-kota kecil dan lokasi-lokasi yang belum dikenal wisatawan.

Hanya saja, Anda bisa menggunakan situs seperti Hostelworld dan Hostels.com untuk mengetahui apakah ada hostel tersedia di destinasi yang Anda tuju.

Sementara itu, hotel baik dari kelas melati hingga berbintang, lebih mudah ditemukan di berbagai kota dan negara. (Matt Buckley)



Close Ads X