Inilah 10 Museum Paling Populer di Dunia - Kompas.com

Inilah 10 Museum Paling Populer di Dunia

Kompas.com - 05/06/2018, 09:28 WIB
Louvre Pyramid, Paris Louvre Pyramid, Paris

JAKARTA, KOMPAS.com - Museum menjadi lokasi yang tepat untuk menambah ilmu selagi berwisata. Banyaknya museum yang memuat koleksi penting, kisah yang menarik, dan bangunan yang indah berhasil menggaet lebih banyak pengunjung.

Sepuluh museum berikut ini adalah museum paling populer di dunia, jika dilihat berdasarkan jumlah pengunjung museum tersebut.

Themed Entertainment Association (TEA) and AECOM merilis daftar 10 museum paling populer di dunia, paling banyak dikunjungi pada 2017, berdasarkan The Global Attractions and Attendance Report berikut ini:

1. Louvre, Paris, Perancis

Salah satu museum terbesar di dunia, memuat benda seni bersejarah dan benilai tinggi dunia. Salah satu yang paling terkenal adalah Mona Lisa karya Leonardo da Vinci. Museum Lovre resmi dibuka tahun 1793. Pada 2017 museum ini dikunjungi oleh 8,1 juta orang.

2. National Museum of China, Beijing, China

Museum yang memuat koleksi menceritakan seni sekaligus sejarah China. Museum ini sebenarnya merupakan gabungan Museum Revolusi China dan Museum Nasional Sejarah China.

Komplek museum, yakni Lapangan Tiananmen juga tidak kalah bersejarah. Pada 1989 terjadi unjuk rasa mahasiswa China kepada pemerintah. Pada 2017 ada 8.063.000 orang berkunjung ke museum ini.

3. National Air and Space Museum dan The Meropolitan Museum of Art, Amerika Serikat

Keduanya berada di Amerika Serikat. National Air and Space Museum berada di Washington DC, memuat benda-benda dirgantara bersejarah.

Sedangkan The Metropolitan Museum of Art berada di New York. Menampilkan koleksi seni dalam 19 departemen kuratorial. Masing-masing museum dikunjungi 7 juta orang tahun 2017.

Salah satu koleksi Museum Vatikan di Vatikan.CNN Travel Salah satu koleksi Museum Vatikan di Vatikan.
5. Vatican Museums, Vatikan

Daftar 10 museum populer, dari nomor tiga langsung melejit ke nomor lima. Ada Museum Vatikan yang dikunjungi oleh 6.627.000 orang pada 2017. Kebanyakan peziarah yang ke Vatikan, akan mengunjungi museum ini untuk tahu lebih lanjut mengenai sejarah Katolik dan peninggalan seni dari abad Renaissance.

6. Shanghai Science & Technology Museum, Shanghai, China

Museum ini dibuka pada 2001, memamerkan berbagai benda teknologi yang menarik bagi anak-anak. Museum ini termasuk sebagai museum interaktif, tidak heran ada 6.421.000 orang yang berkunjung ke museum ini pada 2017.

National Museum of Natural History, Washington DC, Amerika SerikatCNN Travel National Museum of Natural History, Washington DC, Amerika Serikat
7. National Museum of Natural History, Washington DC, Amerika Serikat

Museum ini semakin terkenal dengan adanya film Hollywood, "Night at the Museum" yang melakukan syuting di sini. Memuat sejarah alam benua Amerika. Mulai dari tumbuhan, hewan, mineral, dan fosil ukuran raksasa. Ada 6 juta orang berkunjung ke sini pada 2017.

8. British Museum, London

Salah satu museum terbesar di dunia, memuat sejarah peradaban manusia yang sangat penting. Ada lebih dari 8 juta benda yang dikoleksi oleh museum ini.

Sangat sayang jika melewatkan museum ini saat berkunjung ke London. Ada 5.097.000 pengunjung ke museum ini di tahun 2017.

Tate Modern, galeri seni modern dan kontemporer di London, Inggris. CNN Travel Tate Modern, galeri seni modern dan kontemporer di London, Inggris.

9. Tate Modern, London Inggris

Galeri seni moden, memuat berbagai karya seni modern dan kontemporer. Di sini juga sering digelar pameran seni temporer dari seniman-seniman ternama. Pada 2017 ada 5.656.000 orang berkunjung ke Tate Modern.

10. National Gallery of Art, Washington DC, Amerika Serikat

Museum seni rupa nasional, menambah lengkap deretan museum yang memuat koleksi berharga di Washington DC. Ada 5.232.000 orang berkunjung ke museum ini pada 2017.


Close Ads X