Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka: Lokasi, Jam Buka, Harga Tiket Terkini

Kompas.com - 14/04/2024, 20:08 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan sapaan Buya Hamka ialah seorang ulama dan penulis ulung yang sudah terkenal hingga ke penjuru negeri.

Buya Hamka lahir di Sungai Batang, sebuah nagari (sebutan untuk desa di Minangkabau) di tepian Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Selain membaca karyanya, wisatawan juga bisa mengenal lebih dekat sosok Buya Hamka dari rumah kelahirannya yang kini telah disulap menjadi sebuah museum.

Baca juga:

"Kami di sini sudah hampir 24 tahun berdiri, dan kami berharap generasi muda bisa mengetahui sejarah bahwa ada seorang ulama yang lahir di Maninjau," kata putra bungsu Buya Hamka, Amir Syakib Hamka kepada Kompas.com di Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka, Sabtu (13/4/2024).

Wisatawan yang sedang berada di Sumatera Barat dan hendak berkunjung ke Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka, bisa simak panduan berikut:

Lokasi Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka

Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka berlokasi di tepian Danau Maninjau, tepatnya di Kanagarian Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Desa wisata Sungai Barang, lokasi Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu (13/4/2024) Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Desa wisata Sungai Barang, lokasi Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu (13/4/2024)

Posisi museum ini cukup tinggi dari jalan raya, jika datang dari arah Bukittingi, tangga menuju museum bisa ditemui di sebelah kiri dari arah kedatangan.

Baca juga:

Jam buka Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka

Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka buka setiap hari mulai pagi hingga sebelum petang, atau sekitar pukul 18.00 WIB. Museum ini juga tetap buka saat Libur Nasional.

Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Sungai Barang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu (13/4/2024) Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Sungai Barang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu (13/4/2024)

Jika wisatawan datang ke lokasi dan museum tutup, wisatawan bisa tetap berkunjung dengan cara melapor kepada pengurus setempat untuk dibukakan akses kunjungan.

Harga tiket masuk Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka

Tidak ada biaya tiket masuk yang perlu dibayar bila berkunjung ke Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka, alias gratis.

Baca juga: Panduan Lengkap ke Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka

"Tidak ada biaya tiket masuk, tetapi kami terbuka untuk pengunjung yang ingin memberikan sumbangan," kata Syakib.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com