Tips Wisata Kuliner Saat Mudik - Kompas.com

Tips Wisata Kuliner Saat Mudik

Kompas.com - 10/06/2018, 16:20 WIB
Empal Gentong Haji Apud yang sudah berdiri 23 tahun masih dipenuhi pengunjung hingga malam hari, Selasa (5/9/2017).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Empal Gentong Haji Apud yang sudah berdiri 23 tahun masih dipenuhi pengunjung hingga malam hari, Selasa (5/9/2017).


KOMPAS.com – Menjelang Lebaran, tak sedikit masyarakat Indonesia yang melakukan perjalanan mudik ke beragam daerah yang ada di Indonesia.

Perjalanan yang ditempuh pun rata-rata membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan sampai berhari-hari.

Nah, salah satu hal yang tak boleh terlewatkan saat mudik adalah wisata kuliner.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan kala ingin berwisata kuliner saat mudik seperti dihimpun KompasTravel.

Tentukan rute perjalanan

Hal pertama yang perlu diketahui adalah rute perjalanan ketika Anda mudik. Rute ini akan mengantarkan Anda untuk mengetahui kuliner apa yang bisa dinikmati.

Seperti halnya bila Anda melakukan perjalanan ke daerah Jawa Timur dari Jakarta, bisa memilih melalui jalur utara atau jalur selatan.

Cari informasi sebelum berangkat

Setelah menentukan rute perjalanan, barulah Anda mencari informasi mengenai kuliner apa yang bisa dinikmati. Bisa mencari informasi melalui internet atau media sosial.

Informasi yang dicari seperti lokasi, jam buka, hingga menu apa saja yang bisa dinikmati.

Tentukan tempat kulineran

Setelah informasi terkumpul, sebaiknya tentukan restoran atau tempat kuliner mana yang akan Anda kunjungi.

Bila sudah ditentukan ini akan menguntungkan Anda agar tak bingung lagi saat sampai di daerah tertentu. Jika memungkinkan Anda bisa melakukan reservasi terlebih dahulu.

Perkirakan waktu sahur dan buka puasa

Jangan lupa bahwa Anda masih menjalani bulan Ramadhan. Bila Anda masih kuat untuk berpuasa di perjalanan, maka jangan lupa perkirakan waktu sahur atau pun berbuka puasa untuk menyantap kuliner di daerah tersebut.

Coba macam kuliner setiap daerah yang dilewati

Nah, bila Anda pulang kampung ke daerah dengan jarak tempuh yang jauh, jangan lupa memanfaatkannya dengan mencoba kuliner di setiap daerah yang dilewati.

Hal ini bisa Anda coba, karena setiap daerah memiliki kuliner khas masing-masing.


Komentar
Close Ads X