Kompas.com - 13/06/2018, 05:10 WIB
Pengunjung memanfaatkan liburan mengunjungi pantai di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Selasa (27/6/2017). Sejumlah lokasi wisata di Jakarta padat pengunjung pada libur lebaran. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOPengunjung memanfaatkan liburan mengunjungi pantai di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Selasa (27/6/2017). Sejumlah lokasi wisata di Jakarta padat pengunjung pada libur lebaran.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim liburan sekolah yang bertepatan dengan libur Idul Fitri 1439 H, di depan mata. Sebelum berlibur bersama keluarga, baiknya simak tips wisata ramah anak berikut.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat saat ini kekerasan terhadap anak di obyek-obyek wisata kian mencuat.

"Kekerasan anaknya bukannlagi sekedar human traficking, atau yang jelas nyata, tapi dibumbui wisata seperti pengerjaan anak hingga larut, keselamatan wisatawan anak, dan hak-haknya," tutur Ketua KPAI Pusat, Susanto di kantor KPAI, Menteng, Selasa (12/6/2018).

Kementerian Pariwisata bersama dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menghimbau masyarakat yang berwisata untuk mengisi liburan agar tetap mengutamakan perlindungan anak.

Berikut tips yang dihimbau KPAI dan Kemenpar yang bisa dilakukan oleh orang tua, saat berlibur bersama si kecil.

1. Pilih-pilih tempat hiburan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Orang tua memiliki peran untuk memilih dan menentukan tempat hiburan yang diinginkan anak dengan mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan anak. Keamanan dan kenyamanan tersebut sesuai dengan usia dan tumbuh kembang mereka.

2. Bersiap kemungkinan tidak terduga

Peran orang tua harus mengutamakan keselamatan jiwa anak dengan mencegah dan bersiap segala bentuk kemungkinan terjadinya hal yang tak diinginkan pada anak.

Salah satu caranya dengan memasang identitas anak sebelum ke tempat wisata bila diperlukan. Jika hilang, atau ditemukan petugas, anak akan mudah terdata untuk dikembalikan pada orang tuanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.