Ke Bali lewat Jalur Darat, Mengapa Tidak? - Kompas.com

Ke Bali lewat Jalur Darat, Mengapa Tidak?

Kompas.com - 09/07/2018, 18:23 WIB
Ilustrasi kereta apiKOMPAS / AGUS SUSANTO Ilustrasi kereta api

KOMPAS.com – Sebagai salah satu tujuan wisata ternama di Indonesia, Bali menawarkan berbagai akses untuk memudahkan wisatawan untuk tiba di sana. Bukan hanya jalur udara, namun juga darat dan laut.

Januari 2018 lalu, KompasTravel melakukan perjalanan wisata ke Bali melalui jalur darat dari Jakarta. Perjalanan darat tentunya memiliki keuntungan, seperti harganya yang jauh lebih murah dibandingkan jalur udara.

Saya mengawali perjalanan dengan naik kereta di Stasiun Gambir pukul 13.00 WIB. Saya menggunakan kereta api eksekutif Jayabaya dengan rute Gambir - Malang dengan harga Rp 500.000. Anda juga bisa memilih kereta api ekonomi dengan harga Rp 260.000.

Baca juga: 10 Destinasi Liburan Paling Populer di Asia, Bali Peringkat Berapa?

Kereta api eksekutif ini sangat nyaman untuk perjalanan jauh selama 13 jam 42 menit. Berbagai fasilitas saya dapatkan seperti bantal, selimut, pijakan kaki, meja lipat, dan stopkontak. Kamar mandi kereta ini juga terbilang sangat bersih.

Saya sampai di Malang pukul 03.00 WIB. Untuk menunggu waktu jalan bus yang saya pesan, saya beristirahat terlebih dahulu di hotel dekat terminal Arjosari, Malang. Anda bisa menemukan berbagai pilihan penginapan murah di Malang.

Ilustrasi busKOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Ilustrasi bus
Pukul 17.00 saya menaiki bus Gunung Harta rute Terminal Arjosari – Denpasar. Untuk sampai ke Denpasar, bus ini akan menyebrang dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

Bus Gunung Harta eksekutif saya pesan dengan harga Rp 160.000. Bus ini sangat nyaman dengan fasilitas bantal, selimut, pijakan kaki, toilet bersih, USB charger, lampu baca dan televisi layar sentuh dengan berbagai musik dan film di dalamnya. Perjalanan naik bus Malang – Bali saya tempuh selama 12 jam.

Total pengeluaran perjalanan melalui jalur darat ini sebesar Rp 760.000 termasuk penginapan. Bila menggunakan kereta api ekonomi tentu Anda akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau, yakni sebesar Rp 520.000.

Tentu saja Anda bisa memilih sendiri jadwal kereta api dan bus yang akan digunakan. Selain itu, jika lewat jalur darat, Anda bisa mampir di beberapa kota untuk mengeksplor keindahannya sebelum tiba di Pulau Dewata.


Komentar

Close Ads X