4 Alasan Menghadiri Festival Bunga Tomohon Tahun Ini - Kompas.com

4 Alasan Menghadiri Festival Bunga Tomohon Tahun Ini

Kompas.com - 10/07/2018, 13:23 WIB
Salah satu kenderaan hias dari bahan bunga saat mengikuti Festival Bunga Tomohon pada tahun 2015.Kompas.com/Ronny Adolof Buol Salah satu kenderaan hias dari bahan bunga saat mengikuti Festival Bunga Tomohon pada tahun 2015.


JAKARTA, KOMPAS.com - Tak perlu jauh-jauh ke Keukenhof di Belanda atau menghadiri Festival Pasadena di Amerika untuk menikmati festival dan hamparan bunga. Indonesia punya Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) yang digelar di Tomohon, Sulawesi Utara.

Festival yang masuk ke dalam 100 event unggulan pariwisata nasional ini disebut-sebut tidak kalah dengan Festival Pasadena yang lebih dulu tersohor.

Setiap festival bunga di Tomohon digelar, lebih dari 26.441 wisatawan mancanegara datang untuk menyaksikan. Jumlah itu terus meningkat dari tahun ke tahun.

Baca juga: Tomohon International Flower Festival ke-8 Akan Digelar Lebih Meriah

Festival tahunan TIFF 2018 ke-8 akan berlangsung di Kota Tomohon pada tanggal 8-10 Agustus 2018. Penasaran akan keindahannya?

Berikut empat alasan Anda harus mengunjungi TIFF tahun ini.

1. Bunga krisan Tomohon

Bunga krisan putih dan kuning dari Tomohon diklaim merupakan yang terbaik kualitasnya di dunia. Bunga itu juga yang banyak tumbuh di Tomohon, dan jadi bunga khas festival tersebut.

"Bunga yang disajikan juga tidak kalah indah, krisan putih dan kuning di Tomohon memiliki kualitas terbaik di dunia hasil dari penelitian salah satu universitas internasional," kata Jimmy Feidie Eman, Walikota Tomohon, saat pidato di peluncuran TIFF di Kemenpar, Jakarta, Senin (9/7/2018).

2. Event berskala internasional

Festival tahunan mulai 2015 sudah menjadi acara internasional yang mengundang puluhan negara asing, juga puluhan ribu wisatawan mancanegara.

Anda akan menyaksikan parade 30 kendaraan yang dihias dengan jutaan tangkai bunga indah. Diikuti parade busana bertemakan bunga dari berbagai daerah Indonesia juga berbagai negara di dunia.

Peserta dari Jepang menampilkan Gunung Fuji dan kimono pakaian khas masyarakat Jepang saat tampil di Festival Bunga Tomohon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Senin (8/8/2016). Jepang baru pertama kali ini mengikuti festival tersebut.           
KOMPAS/JEAN RIZAL LAYUCK Peserta dari Jepang menampilkan Gunung Fuji dan kimono pakaian khas masyarakat Jepang saat tampil di Festival Bunga Tomohon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Senin (8/8/2016). Jepang baru pertama kali ini mengikuti festival tersebut.

Semerbak wangi bunga berbagai jenis ini akan membentang hingga 10 kilometer di jalan-jalan Kota Tomohon. Kota ini memang merupakan industri bunga terbesar di Indonesia.

Tak heran tiap tahun acara TIFF mampu menyedot puluhan ribu wisatawan mancanegara (wisman). Dari tahun 2016 ke 2017 wisman yang datang untuk TIFF naik drastis, dari 26.441 orang menjadi 39.000 orang.

Bahkan menurut Coreta Louise Kapoyos, Ketua TIFF 2018, tahun ini Raja dan Ratu Georgia dijadwalkan akan berlibur sembari menyaksikan festival tersebut.

3. Bisa berwisata ke berbagai destinasi lainnya

Tidak hanya saat festival, Tomohon punya berbagai destinasi wisata yang tidak kalah menarik untuk dijelajahi. Dikaruniai geografis yang indah, Tomohon memiliki banyak gunung, danau, dan air terjun.

Anda bisa berkunjung ke Gunung Lokon, Empung, Tatawiran, Mahawu, Tampusu, Masarang, dan Kasuratan. Sedangkan danau yang bisa dikunjungi ialah Danau Tampusu, Linow, Pangolombian, Sineleyan, Panunuzaen, Linow Oki, dan Kasewean.

Pesona Danau Linow di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.TRIBUN MANADO/FINNEKE WOLAJAN Pesona Danau Linow di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Bagi Anda yang suka segarnya air terjun, silahkan mengunjungi Air terjun Tapahan Rinokrok, Tumimperas, Regesan, Ranowawa, Tekaan Telu, Kanderawatu, dan Kinapesutan.

Hanya berjarak satu jam dari Tomohon, Anda bisa menikmati keindahan Taman Nasional Bunaken dengan keindahan laut yang tidak diragukan lagi.

4. Menikmati berbagai acara pendukung TIFF

Pihak penyelenggara dan Dinas Pariwisata setempat menyelenggarakan acara-acara menarik lain selama beberapa hari event berlangsung.

"Kita ada delapan side event lainnya yang juga bisa diikuti wisatawan mulai dari bisnis seni sampai adventure," tutur Coreta Louise.

Rangkaian kegiatan TIFF 2018 terdiri dari Tournament of Flowers (Flower Parade) dan Flower Fashion Carnival yang berlangsung di Jalan Protokol Kota Tomohon pada 8 Agustus 2018.

Selain itu diadakan pula pameran Tourism, Trade, Investment and Floriculture Expo, Jungle Flowers Enduro Challenge, hingga Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara yang berlangsung di Panggung Pameran Stadion Babe Palar Tomohon pada 7-12 Agustus 2018.


Komentar

Close Ads X